Sukses

26 KRI Meriahkan Sail Tomini 2015 di Sulteng

Selain kapal perang, sailing pass juga melibatkan sekitar 100 kapal layar lokal, 18 kapal ikan, 25 kapal cadek dan sekitar 51 kapal yacht.

Liputan6.com, Surabaya - 20 Kapal perang dari jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) turut memeriahkan Sail Tomini 2015 di pantai Pangi Parigi Mountong, Sulawesi Tengah.

Kadispen Koarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman seperti dikutip Antara mengatakan, kapal perang Koarmatim tampak mendominasi sejak pembukaan Sail Tomini 2015 di pantai Pangi Parigi.

"Puluhan kapal perang Koarmatim dari berbagai jenis dan tipe ambil bagian dalam pembukaan Sail Tomini, terutama saat sailing pass (layar lintas)," kata Maman dalam keterangan tertulis, Minggu 20 September 2015.

Komandan Gugus Tempur Laut Komando Armada RI Kawasan Timur (Danguspurlatim) Laksamana Pertama ING Ariawan selaku Komandan Gugus Tugas Sail Tomini 2015 mengatakan, Satuan Tugas (Satgas) Sailing Pass dan Demo yang dipimpinnya melibatkan puluhan kapal perang, baik dari Koarmatim maupun dari Koarmabar.

"Dari Koarmatim dilibatkan 20 KRI, sedangkan dari Koarmabar dilibatkan 6 KRI," kata dia.

Ariawan selalu menekankan kepada anak buahnya agar selalu berdoa sebelum pelaksanaan tugasnya. "Itu sesuai arahan Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto," tegas dia.

Selain KRI, sailing pass Sail Tomini 2015 itu juga diikuti 6 kapal perang dari negara sahabat, yaitu RSN Endeavour dari Singapura, HMAS Wolongong dari Australia, KD Sri Indera Sakti dan KD Baung dari Malaysia, Yunchen 571 dari Tiongkok, dan Jeonbuk 813 dari Korea Selatan.

Selain kapal perang, sailing pass juga melibatkan sekitar 100 kapal layar lokal, 18 kapal ikan, 25 kapal cadek dan sekitar 51 kapal yacht.

Pembukaan Sail Tomini 2015 yang merupakan acara ke-7 kalinya itu juga melibatkan berbagai alutsista, di antaranya 4 unit Heli Bell, 1 unit Heli BO, 2 unit Pesud Cassa, 1 unit Hercules TNI AU, dan 1 unit helikopter dari Basarnas.

"Alusista lain yang digunakan berupa kendaraan tempur, yaitu 2 unit LVT7, 4 unit BMP3F, dan 5 RHIB," kata imbuh dia.

Pembukaan Sail Tomini dihadiri Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Widodo, mantan presiden RI Megawati Soekarnoputri, dan beberapa menteri, serta sejumlah perwira tinggi TNI dan Polri.

Acara tersebut dimeriahkan dengan beberapa kegiatan, di antaranya saling pass, terjun freefall oleh prajurit Kopaska Koarmatim, prajurit Taifib Marinir dan prajurit Paskhas TNI AU, rubber duck operations, dan helly water jump oleh prajurit Kopaska Koarmatim.

Rangkaian acara pada Sail Tomini 2015 adalah pameran produk unggulan daerah penunjang destinasi wisata berupa hasil kerajinan, perbankan, dan multi produk lainnya. Selain itu juga ada pekan budaya dan pariwisata, diplomatic tour yang diikuti 27 negara. (Rmn/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini