Sukses

Gagal Ginjal, Pengacara Adnan Buyung Cuci Darah 3 Kali Seminggu

Pengacara Adnan Buyung Nasution masih tergolek lemah di ICCU Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Pengacara Adnan Buyung Nasution masih tergolek lemah di ICCU Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), Jakarta Selatan. Dia dirawat setelah mengalami muntah-muntah hingga membuat detak jantungnya tak stabil.

Putri Adnan Buyung Nasution, Pia Akbar Nasution menuturkan penyakit yang telah diderita sang ayah. Sebelumnya pengacara kondang itu menderita gagal ginjal.

"Ada gagal ginjal sejak Desember 2014. Jadi harus hemodialisi (cuci darah) 3 kali seminggu," kata Pia saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Minggu (20/9/2015).

Sebelumnya, pria yang akrab disapa Bang Buyung ini juga menderita sakit jantung dan darah tinggi. Sehingga ia pun harus mengonsumsi obat untuk mengatasi penyakit tersebut.

"Pada Jumat kemarin, Bapak sakit gigi. Dan harus masuk rumah sakit untuk cabut gigi. Karena bapak gagal ginjal, jadi tidak boleh mengonsumi obat sembarangan," tutur Pia.

Usai mencabut gigi, mantan Ketua Umum YLBHI itu tak bisa mengonsumsi makanan yang keras. Ia harus memakan makanan yang cair.

"Asam lambung naik, muntah hebat, sampai ke jantung. Detak jantung tak beraturan," imbuh dia.

Pihak keluarga saat ini mendampingi Adnan Buyung di ruang ICCU RS Pondok Indah. Namun begitu, mereka tidak diperkenankan mendekatinya lantaran khawatir Adnan Buyung tak dapat istirahat.

"Ada Ibu di dalam (ruang ICCU). Tapi ibu hanya di balik kaca kamar bapak. Enggak di samping Bapak. Kalau didekatin, Bapak maunya ngobrol pakai tulisan. Sebab bapak pakai alat bantu napas," ucap Pia.

Dia berharap sang ayah segera sembuh dan bisa kembali beraktivitas. "Mohon doanya, bapak lekas sembuh," pinta dia. (Ali/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.