Sukses

BNPB: Hotspot Berkurang, Tapi Kabut Asap Masih Pekat

Secara umum, jumlah titik api hari ini berkurang dibandingkan dengan seminggu terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Sebaran kabut asap di Sumatera dan Kalimantan akibat kebakaran hutan dan lahan semakin sempit. Hari ini, asap tidak menyebar ke negeri tetangga. Asap hanya menyelimuti sebagian Sumatera Selatan, Jambi, dan Riau.

"Asap sudah tidak menyebar hingga Selat Malaka, Malaysia, dan Singapore," klaim Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, dalam rilisnya, Jumat (18/9/2015).

Data BNPB menunjukkan pembakaran hutan dan lahan masih berlangsung di Sumatera dan Kalimantan. Namun, secara umum, jumlah hotspot atau titik panas berkurang dibandingkan seminggu terakhir.

Satelit Terra Aqua mendeteksi 471 hotspot di Sumatera dan 398 di Kalimantan hari ini. Hotspot di Sumatera tersebar ada di Jambi 166, Sumsel 148, Riau 116, Sumbar 25, Bengkulu 10, Lampung 2, dan Sumut 4.

Jarak Pandang Memburuk

Meski jumlah hotspot berkurang, sejumlah kebakaran besar terjadi di Sumatera Selatan dan Jambi.

Kebakaran besar terjadi di Ogan Komering Ilir dan Musi Banyuasin, Sumsel. Asap tebalnya menyebar ke Jambi dari Riau. Sementara kebakaran besar di Muaro Jambi juga memproduksi asap pekat dan memperparah jarak pandang di sejumlah wilayah.

Akumulasi asap dari 3 provinsi yaitu di Sumsel, Jambi, dan Riau menyebabkan jarak pandang terus memburuk. "Jarak pandang di Pekanbaru 500 meter, Dumai 300 meter, Pelalawan 200 meter, Jambi 200 meter, dan Palembang 1 km. Kualitas udara rata-rata tidak sehat," tulis Sutopo.

Hal yang sama juga terjadi di Kalimantan. Hostpot yang tersebar di Kalbar mencapai 33 titik, Kalsel 133, Kalteng 190, Kaltim 42. Jarak pandang di Pontianak 400 m, Ketapang 500 m, Pangkalan Bun 700 m, Nanga Pinoh 200 m, Sampit 500 m, Palangkaraya 300 m, Muara Teweh 1.000 m, Sanggu-Buntok 100 m, dan Banjarmasin 200 m. Kualitas udara rata-rata sedang hingga berbahaya.
 
Sedangkan di Kalimantan, asap menyebar hingga Serawak bagian barat. Hampir 80% wilayah Kalimantan tertutup asap. Sebagian sekolah masih banyak yang diliburkan seperti di Kalteng, Riau, dan Jambi. (Bob/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini