Sukses

Kabut Asap, Malaysia Evakuasi Warganya di Pekanbaru

Evakuasi dilakukan dengan pesawat militer asal negeri jiran tersebut.

Liputan6.com, Pekanbaru - Konsulat Malaysia mengevakuasi warganya yang belajar di Kota Pekanbaru, Riau. Ini disebabkan kabut asap pekat dari kebakaran hutan dan lahan yang masih bertahan di Kota Bertuah. Evakuasi dilakukan dengan pesawat militer asal Negeri Jiran tersebut.

Kepala Konsulat Malaysia di Pekanbaru, Hardi Hamdi dikonfirmasi menyebut ada 173 mahasiswa Malaysia di Riau yang terpaksa dipulangkan karena asap.

"Mahasiwa ini akan dijemput pesawat militer Malaysia yang terbang dari Bandara Subang Airport, Selangor, Malaysia. Memakai fasilitas militer karena pesawat komersil belum bisa terbang ke Pekanbaru," kata Hardi, Jumat (18/9/2015).

Di Riau sendiri, sebut Hardi, ada sekitar 400 warga Malayasia. 300 orang diantaranya merupakan mahasiswa, sementara sisanya tenaga kerja perusahaan swasta dan pengusaha.

"Setelah melihat tak ada perubahan asap di Pekanbaru, mereka memilih pulang. Negara memfasilitasinya," ungkap Hardi.

Para mahasiswa ini menaiki bus dari Konsulat Malaysia di Jalan Jenderal Sudirman, kemudian menuju Bandara Sultan Syarif Kasim II.

Seorang mahasiswa asal Malaysia di Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Syamsul menyatakan, aktivitas belajar di kampus memang sudah terganggu sejak kabut asap.

"Akhirnya pihak universitas meliburkan perkuliahan karena kabut asap ini. Kemudian saya lebih memilih pulang ke Malaysia saja, sampai kabut asapnya hilang," ujar Syamsul.

Selama kabut asap, Syamsul mengeluh tidak bisa beraktivitas di luar ruangan. "Tidak bisa jalan-jalan lagi di Pekanbaru. Kami selama ini di asrama saja karena kabut asap," ujar Syamsul.

Beberapa pekan terakhir, kualitas udara di Pekanbaru tak pernah beranjak dari level berbahaya. Kabut ini masih kiriman dari provinsi tetangga, karena di Riau tidak terpantau titik api. (Ron/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini