Sukses

Gunungkidul Siaga Darurat Kekeringan hingga November 2015

Sutaryono mengatakan, penetapan darurat kekeringan setelah koordinasi dengan BMKG.

Liputan6.com, Yogyakarta - Dampak musim kemarau membuat beberapa daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai mengalami kekeringan, di antaranya di Kabupaten Gunungkidul. Pemerintah Kabupaten Gunungkidul pun menetapkan siaga darurat kekeringan di wilayahnya hingga November 2015.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul menerapkan siaga darurat kekeringan sejak 25 Agustus hingga 30 November 2015. Penetapan ini sesuai Surat Keputusan Bupati No 221/KPTS/2015 tentang Penetapan Status Siaga Darurat Kekeringan.

"Kita sudah terapkan siaga darurat kekeringan sejak 25 Agustus lalu," ujar Kepala Seksi Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Sutaryono, Kamis 17 September 2015.

Sutaryono mengatakan, penetapan darurat kekeringan setelah koordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG).

"Kita sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait penetapan siaga bencana," kata dia.

Sutaryono berharap, dengan adanya status siaga kekeringan memudahkan aturan pendanaan melalui anggaran kedaruratan. Namun, akuntabilitas anggaran tetap diutamakan agar pelaporan dana darurat siaga kekeringan ini dapat dipertanggunjawabkan.

"Nantinya penanganan lebih mudah dan cepat, sehingga masyarakat yang mengalami kekeringan bisa segera tertangani," tandas Sutaryono. (Mvi/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.