Sukses

1.024 Jemaah Haji yang Dievakuasi Kembali ke Hotel yang Terbakar

Jemaah yang tinggal di lantai 4 sampai 8 belum dapat kembali ke kamarnya. Pemilik hotel belum mengizinkan para jemaah masuk.

Liputan6.com, Mekah - Kebakaran di kamar 810, pemondokan 403 di Hotel Sakab Al Barakah, Aziziah, Mekah, Arab Saudi pada Kamis 17 September 2015 dini hari, sempat membuat 1.024 jemaah haji Indonesia yang tinggal di hotel itu harus dievakuasi ‎ke pemondokan lain.

Namun, jemaah kini sudah kembali ke pemondokan 403 pada Kamis siang. Jemaah yang tinggal di lantai 1 sampai 3 sudah mulai kembali ke kamarnya. Mereka menuju kamar menggunakan tangga. Ada juga yang duduk di tangga sembari mengaji.

Sedangkan jemaah yang tinggal di lantai 4 sampai 8 belum dapat kembali ke kamarnya. Pemilik hotel masih belum mengizinkan para jemaah masuk ke kamar mereka.

Kepala Sektor 5 Muhammad Sholeh mengatakan, jemaah kembali ke pemondokan 403 secara bertahap. Pada tahap pertama, jemaah yang tinggal di lantai 1 sampai 3 sudah dapat kembali ke kamarnya.

"Tidak bisa langsung semua karena sedang dibersihkan," jelas Sholeh.

Api menghanguskan seluruh isi kamar 801 lantai 8 Pemondokan 403 Hotel Sakkab Al Barakah, Aziziah, Mekah, Arab Saudi pada Kamis dini hari, persisnya pada pukul 00.00 waktu setempat.

Kebakaran ini diduga berasal dari rice cooker atau alat penanak nasi yang ditinggal pemiliknya dalam kondisi menyala. Tidak ada korban jiwa, namun seluruh barang bawaan milik jemaah yang tinggal di kamar itu musnah dilalap api. Kamar ini dihuni 2 jemaah haji asal Indonesia. (Rmn/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.