Sukses

TNI AD: Ekonomi Melambat, Hal Sepele Bisa Picu Konflik Besar

Di tengah turbulensi ekonomi, persoalan sederhana bisa menjadi pelik dan memberi dampak negatif dalam cakupan luas.

Liputan6.com, Jakarta - Komandan Komando Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI Angkatan Darat (AD) Letjen Agus Sutomo menilai, konflik vertikal dan horizontal mudah terjadi dalam kondisi ekonomi nasional yang saat ini melambat. Di tengah turbulensi ekonomi ini, persoalan sederhana bisa menjadi pelik dan memberi dampak negatif dalam cakupan luas.

Meski situasi keamanan di DKI Jakarta masih dalam kategori kondusif, namun Agus meminta para aparat penegak hukum terus mengoptimalkan koordinasi dan pengawasan untuk mencegah munculnya konflik-konflik.

"Dampak terakhir penurunan ekonomi global ini konflik horizontal dan vertikal mudah terjadi karena hanya dipicu persoalan sepele. Konflik atau gesekan dalam bentuk apapun akan merugikan kalau membesar. Karena itu untuk para prajurit saya imbau untuk menjaga situasi ibukota agar tetap kondusif. Saat ini kondisi keamanan masih kondusif," terang Agus di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (17/9/2015).

Agus menyampaikan, Ibukota Jakarta adalah pusat kegiatan ekonomi Indonesia yang mencerminkan martabat bangsa. Jika konflik lolos dari antisipasi dan keadaan memanas, maka seluruh wilayah di Indonesia akan terkena dampaknya dan citra Indonesia di mata dunia menjadi tercoreng.

"Upaya pemulihan kondisi atau recovery condition pun tidak akan mengembalikan situasi sama seperti semula," ujar Agus.

Dia juga mengimbau agar para prajurit TNI dan Polri mengedepankan sinergitas serta menghindari perselisihan yang kerap terjadi antar kedua Korps ini. Perselisihan terkadang muncul karena adanya adu domba dari pihak-pihak yang merasa dirugikan jika TNI-Polri terlihat kompak.

"Kita aparat kemananan jangan mudah dihasut dan diadu domba. Kita orang terdepan sebagai sitem keamanan negara," kata Agus.

Jika bentrokan terjadi antara aparat penegak hukum, jelas dia, maka para pihak yang sengaja melakukan tindakan melawan hukum akan 'bertepuk tangan'. Untuk itu Agus menegaskan agar para aparat mengendalikan emosi jika terjadi gesekan atau beda pendapat di lapangan.

"Untuk para prajurit TNI, orang menunggu kalian berselisih. Kalau kalian berselisih mereka senang. Jadi jangan terpancing untuk berselisih," tegas Agus. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.