Sukses

Rayakan HUT PMI di Museum Gajah, JK Ungkap Kedekatan RI-Thailand

Palang Merah Indonesia (PMI) memperingati hari jadinya yang ke-70. Perayaan peringatan ini digelar di Museum Nasional atau Museum Gajah.

Liputan6.com, Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) memperingati hari jadinya yang ke-70 di Museum Nasional atau Museum Gajah, Jakarta. Dalam acara tersebut, hadir pula Wakil Presiden sekaligus Ketua Umum PMI Jusuf Kalla dan perwakilan PMI dari Thailand.

Pria yang karib disapa JK itu mengatakan, PMI sejalan dengan sejarah berdirinya bangsa. Apalagi hari terbentuknya hanya berbeda 1 bulan dari HUT RI.

"Pengabdian Palang Merah Indonesia sudah kita laksanakan selama 70 tahun. Tiap pengabdian merupakan amal ibadah kita semua dan merupakan bakti kita pada kemanusiaan dan bangsa," kata JK di lokasi, Jakarta, Kamis (17/9/2015).

"Kita sadari PMI sejalan dengan berdirinya bangsa ini. Beda sebulan dari proklamasi dan PMI dibentuk," tambah dia.

Pria berkumis itu mengatakan, peran PMI kini telah bergeser tak cuma di medan perang saja. "‎Upaya preventif juga bagian dari kita. Upaya kemanusiaan dari waktu ke waktu berubah. Awal PMI selalu selamatkan masalah kemanusiaan jika ada konflik perang saja," ucap JK.

Dalam acara ini juga ditampilkan pameran sejarah dan peluncuran prangko Peringatan 70 Tahun PMI.
‎
JK menuturkan, acara peringatan yang digelar ‎Museum Gajah ini menunjukkan kedekatan hubungan Indonesia dan Thailand. "Museum ini dinamakan Museum Gajah. ‎Ada patung gajah yang yang diberikan Raja Thailand. Ini menunjukkan kedekatan hubungan Indonesia-Thailand, terima kasih sudah datang," tandas JK.

‎Bagi-Bagi Masker

Ketua Pelaksana Harian PMI Ginanjar Kartasasmita menambahkan organisasi kemanusiaan ini turut membantu dalam mencegah dampak asap di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Pencegahan dengan membagikan masker secara gratis.

"‎Kami sekarang membantu dengan membagikan masker. Sudah dari gudang kita keluarkan, dari awal. Sudah SOP, masker sebagian dari kami," ujar Ginanjar.

Dia mengatakan, PMI akan mengedepankan upaya preventif dalam mengatasi permasalahan asap. Sebab, tiap tahunnya masalah asap selalu terulang.

"‎Tahun ini kita siapkan dulu sarananya (pencegah asap), siapkan kendaraan off road, air untuk pemadamnya, juga tenaganya dilatih," tandas Ginanjar. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Thailand
    Negara di Asia yang terkenal dengan kuliner lezat, serta dijuluki negeri gajah putih dan negeri seribu pagoda.

    Thailand

  • JK

  • PMI

  • HUT PMI

Video Terkini