Sukses

Maluku Utara Diguncang Gempa 6,3 SR, Warga Tidak Panik

Gempa juga dirasakan sedang selama kurang lebih 15 detik di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi berkekuatan 6,3 Skala Richter (SR) mengguncang Maluku Utara pada pukul 14.40 WIB. Gempa dirasakan warga namun tidak menimbulkan kepanikan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, gempa yang terjadi pada Rabu (16/9/2015) berada pada lokasi 1.82 LU–126.52 BT dengan kedalaman 10 KM.

Gempa berada 125 km Barat Laut Halmahera Barat-Maluku Utara, 44 km Barat Laut Ternate-Maluku Utara, 152 km Barat Laut Halmahera Utara-Maluku Utara, 169 km Barat Laut Sofifi-Maluku Utara, dan 2.361 km Timur Laut Jakarta-Indonesia.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan tidak ada korban jiwa dan kerugian materi akibat gempa tersebut.

"Gempa dirasakan sedang selama kurang lebih 20 detik di Provinsi Maluku Utara. Kondisi warga tidak panik. Masyarakat keluar rumah," kata Sutopo dalam keterangan tertulisnya.

Gempa juga dirasakan sedang selama kurang lebih 15 detik di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Kondisi warga tetap tenang dan sebagian keluar rumah.

"Gempa tidak dirasakan di Kabupaten Halmahera Barat," tandas Sutopo. (Mvi/Bob)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Maluku Utara