Sukses

JK: Nilai Jiwa Manusia Lebih Tinggi dari Uang Kompensasi

JK tidak tahu kebenaran informasi kompensasi dari Raja Arab Saudi tersebut. ‎Meski demikian, ia berterima kasih bila hal itu benar.

Liputan6.com, Jakarta - Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz dikabarkan memberikan santunan Rp 3,8 miliar kepada korban jatuhnya crane di Masjidil haram, Mekah, Arab Saudi.

Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK pun memberi tanggapan soal itu. Menurut dia, berapa pun jumlah santunan tidak bisa menggantikan nyawa seseorang. "Tentu berapa pun nilai (kompensasi), jiwa manusia lebih tinggi. Tapi kita tetap berterima kasih atas santunan itu. Setidak-tidaknya untuk menenangkan keluarga dan anak-anak yang kehilangan orangtua," kata JK di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (16/9/2015).

JK tidak tahu kebenaran informasi kompensasi dari Raja Arab Saudi tersebut. ‎Meski demikian, ia berterima kasih bila hal itu benar. "Saya belum tahu itu. Tapi alhamdulillah," ujar dia.

Dilansir situs Al-Madina, santunan yang diberikan Raja Salman dibagi 3 kategori. Untuk korban meninggal, Raja memberikan santunan 1 juta real atau sekitar Rp 3,8 miliar dan 1 juta real untuk korban cacat seumur hidup. Sementara bagi korban luka-luka, Raja memberikan santunan sebesar 500 ribu real atau sekitar Rp 1,9 miliar

Sebanyak 110 orang tewas dan 235 terluka akibat ambruknya crane yang digunakan untuk perluasan Masjidil Haram Jumat pekan lalu. Crane jatuh saat badai dan hujan lebat melanda Mekah Jumat 11 September lalu. (Ron/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini