Sukses

JK: Yang Bisa Hentikan Kabut Asap adalah Hujan

Kabut asap masih mengepung tanah Sumatera dan Kalimantan.

Liputan6.com, Jakarta - Kabut asap masih mengepung tanah Sumatera dan Kalimantan. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, bencana asap yang terjadi di 2 pulau tersebut hanya bisa padam oleh bantuan hujan.

Karena itu pria yang karib disapa JK tersebut berharap, hujan segera turun di wilayah yang diselimuti kabut asap.

"Dilaporkan Menteri Kehutanan justru sudah hujan di Sumbar. Mudah-mudahan kalau sudah hujan di Sumbar, (yang lain) akan segera hujan juga," kata JK di kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (16/9/2015).

"Yang bisa menyelesaikan itu adalah operasi di bawah dan hujan," imbuh dia. Meski begitu, JK juga memandang pentingnya upaya pemadaman kebakaran lewat darat.

Pemerintah juga sudah menetapkan lahan hasil pembakaran tidak boleh dijadikan kebun. Hal ini sebagai bentuk sanksi tegas pemerintah terhadap cara kotor perusahaan untuk menekan ongkos land clearing atau pembersihan lahan.

"‎Kebun yang sudah terbakar, lahan yang terbakar itu tidak boleh dijadikan kebun. Jadi ini kan kita sudah tahulah pembakaran lahan ini sebenarnya motifnya ekonomi," kata Kepala Staf Presiden Teten Masduki.‎

Teten menyampaikan, pemerintah melalui Menteri Kehutanan dan Lingkungan ‎Hidup Siti Nurbaya akan membuat regulasi terkait pembakaran lahan dan hutan. (Ndy/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini