Sukses

Korban Kebakaran Hutan di Kalbar Mulai Kekurangan Pangan

Warga terlalu sibuk untuk memadamkan api yang melahap kebun mereka. Akibatnya mereka tidak bekerja.

Liputan6.com, Sukadana - Transmigran di Unit Permukiman Transmigran Rantau Panjang, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat yang menjadi korban kebakaran hutan dan lahan, mulai kekurangan pangan. Mereka juga membutuhkan bantuan obat-obatan setelah satu bulan berjuang memadamkan api di desanya.

Kepala Desa Rantau Panjang, Sarkandi menyatakan masyarakat membutuhkan bantuan pangan. Lantaran dalam sebulan terakhir, masyarakat sudah tidak lagi bekerja karena sibuk memadamkan api baik siang maupun malam.

"Masyarakat saat ini mengharapkan bantuan pangan, karena tidak ada pemasukan selama memadamkan api, stok pangan yang ada sudah habis," ungkap Sarkandi seperti lansir Antara di Sukadana, Rabu (16/9/2015).

Menurut dia, kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di daerah transmigrasi sudah membakar lahan perkebunan yang selama ini menjadi sumber pencaharian mereka. Akibatnya, warga tidak memperoleh pemasukan. Transmigran pun kehabisan stok pangan.

Wakil Bupati Kayong Utara Idrus bersama Asisten II Erwin Sudrajat dan beberapa SKPD meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan di 2 UPT yakni Penjalaan dan Rantau Panjang.

Idrus mengatakan kebakaran di Kayong Utara sudah meluas hingga ke kebun-kebun milik masyarakat, mulai dari karet, sawit dan rambutan.

"Kebakaran sudah meluas dan membakar lahan di areal gambut yang sulit dipadamkan, parahnya kebakaran ini juga membakar kebun masyarakat yang selama ini menjadi sumber pemasukan warga di sini," kata Idrus.

Pemkab Kayong Utara akan memberikan bantuan berupa beras dalam waktu secepatnya. Bantuan tersebut akan disistribusikan oleh bidang sosial Dinsosnakertrans Kayong Utara, dan saat ini masih menunggu data jumlah masyarakat yang perlu dibantu yang bersumber dari kepala desa masing-masing, katanya.

Saat ini, lebih dari 500 kepala keluarga di dua desa tersebut sedang berupaya terus untuk memadamkan api, dan tidak sedikit yang sudah mengungsi.

"Kami sudah kerahkan bantuan untuk pemadaman kebakaran itu, termasuk menyiapkan bantuan pangan dan obat-obatan," ujar Idrus. (Bob/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.