Sukses

PDIP Kerahkan Kadernya Bantu Tanggulangi Kabut Asap

Ketua Bidang Sosial dan Bidang Bencana DPP PDIP Ribka Tjibtaning menegaskan, kader PDIP yang tergabung dalam Baguna siap bekerja optimal.

Liputan6.com, Jakarta - Kabut asap yang menyelimuti wilayah Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi membuat PDI Perjuangan ikut ambil bagian. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri ini berniat mengirimkan satgas bernama Badan Penanggulangan Bencana PDIP atau Baguna.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam pembukaan acara bertema 'Pelatihan, Pencarian, dan Pertolongan (SAR) Kerja Sama DPP PDIP dengan Basarnas, Baguna' ini mengatakan, Baguna tidak membeda-bedakan dalam memberikan pertolongan.

"Ini adalah angkatan ke-3 Baguna, di mana kita adalah satu-satunya partai yang memiliki badan penanggulangan bencana. Ketika kita melakukan penanggulangan bencana, kita tidak membeda-bedakan, apakah itu basis PDIP atau tidak," ujar Hasto di kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (15/9/2015).

"Tugas Baguna adalah operasi kemanusiaan, tanpa membeda-bedakan partai. Sama seperti Baguna dari Riau dan Jambi yang tidak hadir di sini, di mana ikut membantu mengatasi bencana asap yang sedang melanda," sambung dia.

Hasto menjelaskan, pelatihan generasi ke-3 Baguna ini akan dilaksanakan di Cibubur selama 15-20 September 2015. "Secara khusus nanti akan dibuka DPP Partai dan akan mengikuti pelatihan di Cibubur. Di mana akan dilatih bencana kering, basah, dan lainnya," beber dia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Basarnas Marsekal Mayda TNI Bambang Sulistyo mengatakan, merasa terhormat atas kerja sama ini. Sebab, kebutuhan pasukan yang dibutuhkan Basarnas mencapai 5 ribu orang dalam menanggulangi bencana.

"Sekarang itu baru 3.204. Kalau kita menambah akan membebani keuangan negara. Jadi saya sepakat dengan gotong-royong PDIP ini. Saya sambut Baguna di bawah naungan PDIP untuk bersama-sama menangani bencana," kata dia.

Ketua Bidang Sosial dan Bidang Bencana DPP PDIP Ribka Tjibtaning menegaskan, kader PDIP yang tergabung dalam Baguna siap bekerja optimal.

"Kalau kader PDIP siap tempur. Semua ini banteng-banteng siap tempur. Teman-teman ini sudah siap fisik dan mental. Pembekalan apapun dari Basarnas, semuanya siap," kata Ribka.

Acara pelatihan ini dihadiri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Wasekjen PDIP Ahmad Basarah dan Eriko Sotarduga, dan sejumlah anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDIP. (Rmn/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini