Sukses

Menteri Lukman Minta Jemaah Haji Doakan Kabut Asap Reda

Tanpa aba-aba, para jemaah menghambur ke arah Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin kala sang menteri tiba.

Liputan6.com, Mekah - Ribuan jemaah haji Indonesia memadati halaman depan dan lobi Hotel Al Jawharah di Jarwal, Mekah, Arab Saudi pada Minggu malam 13 September 2015, sekitar pukul 21.00 waktu Arab Saudi.

Tanpa aba-aba, para jemaah menghambur ke arah Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin kala sang menteri tiba di sana. Menag pun jadi rebutan untuk bersalaman dan foto bareng.

Menteri yang ditemani 11 amirul hajj itu datang untuk mengunjungi Pemondokan 801, Sektor 8 di Hotel Al Jawharah.

Di sana dia menyempatkan diri berdialog langsung dengan para jemaah haji. Dia juga tak ketinggalan melihat-lihat kamar tinggal jemaah haji yang berada di pemondokan terbesar itu.

Di hotel mewah yang memiliki 5 menara itu, pria berkacamata tersebut meminta para ibu yang mengerubutinya agar tidak lupa berdoa. Khususnya mendoakan Tanah Air yang kini tengah dirundung bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan.

"Jangan lupa doakan juga yang di Tanah Air, terutama bencana kabut asap," kata Lukman yang langsung disambut teriakan dari jemaah, "Iya, Pak. Aamiiiin."

Selanjutnya, Lukman naik ke lantai 26 Hotel Al Jawharah yang ditempati oleh jemaah haji asal Serang, Banten. Pria berusia 52 tahun itu langsung mengecek fasilitas kamar tersebut.

"Kalau bisa, AC (pendingin ruangan) tetap dinyalakan sesekali supaya ada sirkulasi udara," tutur Lukman.

Dia dan rombongan lalu beranjak meninjau layanan katering dan klinik kesehatan. Saat berada di klinik kesehatan, dia sempat mendoakan kakek tua dari Lampung yang sedang dirawat karena masalah pernapasan. (Ndy/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.