Sukses

BNN Kota Tangsel Waspadai Lollipop Mengandung Narkoba

Narkoba yang terkandung dalam permen lollipop berjenis lysergic acid diethylamide (LSD) dan pernah tenar beberapa tahun lalu.

Liputan6.com, Tangerang Selatan - Badan Narkotika Kota (BNK) Tangerang Selatan mengantisipasi peredaran narkoba dalam bentuk permen lollipop. Langkah ini diambil setelah ramai kabar menyebutkan, permen lollipop narkoba tengah beredar di wilayah Bogor, Jawa Barat.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat BNK Tangsel Sonny Gunawan mengatakan, pihaknya sudah mengobservasi beberapa titik untuk mengecek peredaran permen lollipop [narkoba](/2315163 ""). Di antaranya tempat jajan sekolah, pasar kaget, warung, dan beberapa tempat lain.

"Kita juga lakukan uji lab dari sample makanan untuk mengetahui secara pasti. Setelah uji lab, kita pastikan di Tangsel belum ada peredaran permen lollipop narkoba," kata Sonny saat ditemui di Serpong, Banten, Senin (14/9/2015).

Dia menambahkan, narkoba yang terkandung dalam permen lollipop berjenis lysergic acid diethylamide (LSD). Narkoba jenis ini bukan barang baru karena pernah tenar di kalangan pengguna narkoba beberapa tahun lalu.

"Permen lollipop narkoba yang beredar, biasanya tanpa merek dan sasarannya anak-anak. Permen narkoba ini memang bentuknya benar-benar mirip permen lollipop kebanyakan, maka itu sangat sulit membedakan dan hanya bisa dilakukan dengan uji lab," ungkap Sonny.

Narkoba jenis ini tak kalah berbahaya dibandingkan narkotika jenis lain. Efek jangka panjangnya sama dengan narkoba jenis lain, yakni dapat merusak sistem syaraf otak jika digunakan terus-menerus.

"Kalau untuk jangka pendek, efeknya dapat membuat halusinogen. Anak yang mengonsumsi permen lollipop narkoba mengalami halusinasi. Mereka akan melihat orang-orang yang ada di sekitarnya berwajah aneh dan mereka akan banyak tertawa," kata Sonny.

Untuk mengantisipasi lebih jauh, Sonny mengatakan akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat. Nantinya, di tiap sekolah akan dipasang spanduk berupa imbauan bahaya narkotika.

"Kita juga akan pamerkan narkoba jenis permen lollipop, jadi masyarakat akan lebih tahu bentuknya seperti apa," ujar Sonny. (Sun/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini