Sukses

Polisi dengan Segway Siap Amankan Car Free Day di Jakarta

Ada 10 segway yang sediakan Polda Metro Jaya untuk pengamanan Car Free Day, namun hanya enam yang dioperasikan setiap minggunya.

Liputan6.com, Jakarta - Car Free Day pekan ini berbeda dari pekan-pekan sebelumnya. Enam wanita cantik berkaos oranye berpatroli di sepanjang Jalan Dukuh Atas hingga Patung Kuda Monas. Mereka adalah Tim Segway Subdit Pariwisata Direktorat Pengamanan Objek Vital Polda Metro Jaya yang ditugaskan untuk mengamankan acara mingguan Pemprov DKI Jakarta tersebut.

"Pagi ini kita launching Tim Pengamanan untuk memperkuat pengamanan dan memberikan peningkatan pelayanan Car Free Day. Seperti kita ketahui Car Free Day sudah jadi fenomena di Jakarta dan diikuti kota-kota lain," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (13/9/2015).

Tito mengatakan ada 10 segway yang sediakan Polda Metro Jaya untuk pengamanan Car Free Day, namun hanya enam yang dioperasikan setiap minggunya. Kapolda mengatakan pihaknya sengaja menugaskan para polwan untuk menahkodai segway karena kehadiran polisi-polisi cantik dapat menambah keriuhan ajang Car Free Day.

"Kami memberikan kostum menarik untuk para polisi yang menjadi tim patroli ini agar ada warna berbeda. Jumlah segway yang tersedia ada 10 dan sepeda ada 50. Kalau yang mengendarainya perempuan akan lebih menarik ya. Itu saja pertimbangan kami," terang Tito, Minggu (13/9/2015).

Selain Tim Segway, ada pula 50 polisi bersepeda, polisi bersepatu roda, polisi dengan mobil golf dengan total 165 personel yang akan turun ke sepanjang Jalan Sudirman-Monas tiap pekan untuk memberikan rasa aman kepada warga Jakarta yang berolahraga di acara Car Free Day.

"Ada juga pasukan bersepeda, pasukan sepatu roda, pasukan segway, pasukan kesehatan dengan obat-obatan sederhana yang bisa memberi pertolongan pertama, pasukan golf car yang jumlahnya 165 orang. Merekalah yang berada di garis depan untuk mengamankan Car Free Day," jelas Tito.

Wakil Direktur Pengamanan Objek Vital Polda Metro, AKBP Erick Bismo, mengatakan pihaknya menempatkan dua personel polwan bersegway di tiga lokasi, yaitu Dukuh Atas, Bundaran Hotel Indonesia dan Patung Kuda Monas. Sementara itu, pihaknya juga menyiagakan 6 polwan di Pos Polisi Bundaran Hotel Indonesia untuk bergantian mengendarai segway di titik-titik pengamanan.

"Yang disiagakan 12 personel untuk 6 segway. Jadi satu segway dioperasikan 2 polwan. Mereka akan ditempatkan di Dukuh Atas, Bundaran HI, Patung Kuda," pungkas Erick. (Yus/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini