Sukses

Rekaman Dahsyatnya Badai di Mekah Sebelum Crane Jatuh

Kota suci Mekah menyaksikan salah satu fenomena alam berupa hujan deras dan angin kencang seperti badai pada hari itu.

Liputan6.com, Mekah - Jumat 11 September 2015 sore, Tanah Air mendapat kabar duka. Dilaporkan, sebuah crane jatuh akibat hembusan angin kencang dan guyuran hujan deras di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi.

Kota suci Mekah menyaksikan salah satu fenomena alam berupa hujan deras dan angin kencang seperti badai pada hari itu. Hujan disertai gemuruh dan angin kencang serta petir, melanda seluruh bagian Kota Suci dan sekitarnya.

"Ya, hujan deras plus angin kencang sekali," kata salah satu jemaah haji asal Indonesia, Ronald, di Mekah dalam keterangan tertulis kepada Liputan6.com, Sabtu (12/9/2015).

Dari gambar yang dikirimkan Ronal dari dalam penginapan di Hotel Dar AL Tawhid Intercontinental, Mekah, terlihat jarak pandang berkurang kala hujan mengguyur saat itu.

Dilansir dari Saudi Gazette, hujan deras bahkan membuat beberapa kendaraan terseret dan pohon tumbang di jalan-jalan utama serta beberapa distrik. Beberapa jalan bahkan tidak bisa dilewati akibat terblokir kendaraan atau pohon tumbang tersebut.

Dalam tayangan video yang beredar luas di dunia maya, terlihat banyak benda berterbangan saat hujan mengguyur. Suara hembusan angin pun terdengar jelas. Berikut rekaman kedahsyatan cuaca hari itu:

Setelah hujan mereda, Tim Pertahanan Sipil, patroli keamanan, polisi lalu lintas, aparat keamanan jalan serta pekerja kota dikerahkan untuk membersihkan jalan-jalan.

Otoritas Mekah telah memobilisasi semua sumber daya manusia dan peralatan untuk membersihkan puing-puing dan bahaya yang disebabkan oleh curah hujan. Para pekerja, dilengkapi dengan lebih dari 800 peralatan berbagai ukuran, segera bertindak untuk membersihkan puing-puing.

Pekerja pembersihan dan pemeliharaan berupaya keras mengembalikan kota itu menjadi normal seperti sebelum hujan dahsyat mengguyur.

Menurut Ronald, hujan deras berhenti sekitar pukul 21.30 waktu setempat. Cuaca kemudian cerah hingga Sabtu pagi.  (Tnt/Sun)

Baca Juga:

Beredar Video Detik-Detik Sebelum Crane Jatuh di Mekah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini