Sukses

Menag: Presiden Jokowi Utus Saya Temui Korban Crane Jatuh Mekah

Di sana, Menag Lukman berdialog dengan beberapa korban luka. Salah satunya Nuruddin,

Liputan6.com, Mekah - Musibah crane jatuh di Masjidil Haram, Mekah membuat prihatin Menteri Agama (Menag) yang juga Amirul Haj Lukman Hakim Saifuddin. Ia pun langsung menyambangi pasien luka-luka korban craine di RS Al-Noor, Makkah, Arab Saudi.

Lukman menyatakan, Presiden Joko Widodo awalnya hendak mengunjungi langsung jemaah yang menjadi korban. tapi karena faktor keamanan, dia akhirnya mengutus Menteri Agama untuk mengunjungi para korban asal Indonesia di berbagai rumah sakit di Saudi.

"Presiden mengutus saya secara resmi untuk mengunjungi sejumlah korban yang masih ada di rumah sakit," kata Menag Lukman Hakim di Mekah, Jumat 11 September 2015 waktu setempat.

Di sana, Menag Lukman berdialog dengan beberapa korban luka. Salah satunya Nuruddin, yang langsung memeluknya saat didatangi.

Lukman menuturkan, awalnya PresidenJokowi akan mengunjungi langsung jemaah calon haji yang menjadi korban kemudian berumrah.

"Namun pihak Arab Saudi tidak mengizinkan karena kondisi Masjidil Haram khususnya di mataf sedang disterilisasi akibat alat berat runtuh," tambah Lukman.

Pada saat musibah terjadi, beber Lukman, pukul 18.00 Waktu Arab Saudi (WAS) Presiden Jokowi mendarat di Bandara International King Abdul Aziz, Jeddah. Suami Iriana Widodo itu juga sempat merasakan badai angin yang luar biasa itu.

"Pemerintah sangat berduka dengan musibah ini dan mengharapkan korban luka dan keluarga mereka memperbesar sabar," pungkas Lukman. (Tnt/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.