Sukses

PPIH: Tidak Ada Korban Jiwa Jemaah Indonesia di Mekah

Slamet menjelaskan, saat ini proses evakuasi korban di Masjidil Haram sudah selesai.

Liputan6.com, Jakarta - Jatuhnya crane di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi diduga menewaskan puluhan jemaah haji. Namun diduga tidak ada korban jiwa dari jemaah haji Indonesia.

"Tidak ada korban jiwa. Yang tercatat di sini ada 11 orang yang terluka. Mereka sedang perawatan karena ada patah kaki, luka di kepala. Yang parah luka di kepala. Jemaah haji kita tidak ada yang meninggal, jemaah Indonesia semuanya masih sehat walafiat," ujar Kepala Sektor Khusus Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Slamet Budiyono dalam wawancara langsung dengan Metro TV, Sabtu (12/9/2015).

Slamet menjelaskan, saat ini proses evakuasi korban sudah selesai. Proses evakuasi ke rumah sakit ini sempat terhambat hujan lebat disertai petir. Para korban dibawa ke rumah sakit terdekat.

"Semuanya sudah selesai. Kebetulan tadi saya ikut mengawal ke rumah sakit, sudah selesai. Karena cuacanya hujan semua petugas Arab Saudi membawa korban ke rumah sakit terdekat," ungkap dia.

Sementara aktivitas haji di Masjidil Haram, kata Slamet, saat ini berjalan seperti biasa. "Yang ibadah, berzikir, towaf, sai, berjalan seperti biasa. Hujan sekarang sudah mulai reda," kata dia.

Terkait akan dipindah jemaah haji pasca-peristiwa ini, Slamet belum dapat memastikan. Begitu juga pengerjaan proyek pengembangan masjid. Sebab ini kewenangan pemerintahan Arab Saudi.

"Kami kurang tahu, itu otoritas Masjidil Haram yang akan memberikan keterangan. Tapi untuk ibadah haji sekarang normal. Proses pengerjaan proyek di Masjidil Haram, juga otoritas Masjidil Haram, kita tidak bisa mencampuri," pungkas Slamet.

Slamet berharap, ke depan jemaah haji Indonesia dapat beribadah dengan khusuk dan selamat sempai di Tanah Air. (Rmn/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini