Sukses

Dukung Palestina Merdeka, RI Siap Buka Konsul di Ramallah

Dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina memang tidak bisa diragukan.

Liputan6.com, Jakarta - Dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina memang tidak bisa diragukan. RI pun disebut-sebut menjadi salah satu negara di dunia yang paling lantang 'meneriakan' kemerdekaan bagi negeri itu.

Bahkan saat ini, support Indonesia semakin besar terlihat. Hal ini setelah RI berencana membuka konsulat kehormatan di Ramallah, Palestina.

Menurut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Arrmanatha Nasir, proses pembukaan ini terus berjalan. Bahkan, proses tersebut sudah sampai dalam tahapan memilih siapa yang akan menjadi konsul kehormatan.

"Kita memang masih dalam proses pembukaan Konsulat Kehormatan kita di Ramallah," ucap Arrmanatha saat press briefing di Kemlu, Jumat (11/8/2015).

"(Proses berlangsung) sejak awal tahun ini, meski ada kendala sekarang Dubes kita untuk Yordania (merangkap Palestina) sedang mendalami calon konsul kita di Ramallah, sudah ada 3 orang calon," jelas pria yang kerap disapa Tata ini.

Tata juga menegaskan, selain kemerdekaan, RI juga mendukung perdamaian antara Israel dan Palestina diwujudkan melalui pemberlakuan two state solution di Yerusalem. Usulan perdamaian ini selalu dibawa Indonesia ke dalam foum multilateral atau bilateral.

"Langkah yang kita lakukan dalam pertemuan multilateral, kita selalu bawa ini, (perdamaian) juga kita angkat dalam pertemuan bilateral terutama dalam pertemuan dengan negara-negara major power," pungkas Tata. (Tnt/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.