Sukses

Kunjungi Timur Tengah, Jokowi Akan Temui 3 Raja

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kenegaraan ke 3 negara di Timur Tengah yakni Arab Saudi, Qatar, dan Uni Emirat Arab.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kenegaraan ke 3 negara di Timur Tengah yakni Arab Saudi, Qatar, dan Uni Emirat Arab.  Dalam kunjungan kerja yang berlangsung selama selama 5 hari tersebut, rombongan presiden akan membicarakan sejumlah hal terkait kerja sama ekonomi, investasi, dan perdagangan. ‎
 ‎
"Kunjungan kenegaraan ini bertujuan mempererat hubungan bilateral Indonesia dengan negara-negara Timur Tengah, terutama di bidang kerjasama ekonomi, ketahanan energi, perlindungan WNI, dan kerjasama di bidang industri strategis," ujar Presiden Jokowi sebelum lepas landas di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (11/9/2015)‎.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi dan rombongan delegasi pemerintah Indonesia akan melakukan pertemuan bilateral dengan 3 Kepala negara di 3 negara kerajaan tersebut.

"Selama kujungan tersebut, saya akan bertemu dengan Raja Salman bin Abdulazis di Jeddah, Arab Saudi, kemudian dengan Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, Putra Mahkota Persatuan Emirat Arab di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, dan dengan Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani, Emir Negara Qatar, di Doha, Qatar," ungkap Jokowi.
‎
Ia mengatakan, kunjungan ketiga negara Timur Tengah tersebut akan fokus membahas kerjasama ekonomi dan perdagangan. Masing-masing negara, menurutnya merupakan mitra penting bagi pemerintah Indonesia di kawasan Timur Tengah. ‎‎
‎
"Arab Saudi merupakan mitra dagang terbesar RI di kawasan Timur Tengah. PEA merupakan tujuan utama ekspor Indonesia ke Timur Tengah. Sedangkan Qatar merupakan penyumbang investasi terbesar, termasuk investasi portofolio, dari Negara Timur Tengah ke Indonesia secara kumulatif," jelas Jokowi. ‎

Sebagai mitra kerjasama ekonomi yang penting di kawasan, kunjungan ini diharapkan dapat membuka akses yang lebih besar bagi produk Indonesia di pasar Timur Tengah, termasuk untuk produk halal. "Kunjungan ini juga dimaksudkan untuk mendorong investor dari 3 negara tersebut agar melakukan investasi langsung di Indonesia, khususnya di bidang infrastruktur, maritim, dan energi," kata Jokowi.
‎
‎Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menyatakan, kunjungan Jokowi ke Arab juga untuk bertemu pemerintah serta pengusaha Arab untuk membahaskerjasama ekonomi yang akan dijalin oleh Indonesia dengan negara-negara Timur Tengah.‎

‎Ia juga mengatakan, topik pembahasan lainnya yakni kembalinya Indonesia menjadi anggota tetap organisasi eksportir minyak dunia, OPEC. "Ini lebih banyak membahas soal hubungan ekonomi, tapi kalau soal OPEC saya tidak merasa kompeten menjawabnya," ucap Darmin.‎ (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini