Sukses

3 'Senjata' Ini Dinilai Bisa Lumpuhkan Terorisme

Ketiganya harus terus digalakkan agar kekerasan tindak terorisme tidak terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Ada 3 cara yang dinilai 'ampuh' untuk melumpuhkan penyebaran paham terorisme, khususnya di Indonesia. Ketiganya harus terus digalakkan agar kekerasan tindak terorisme tidak terjadi.

"Penguatan ideologi, pemahaman agama, dan deradikalisasi harus terus digalakkan untuk mencegah penyebaran paham kekerasan serta kemungkinan terjadinya aksi terorisme," kata Guru Besar Psikologi Universitas Indonesia (UI) Hamdi Muluk saat dihubungi, Jakarta, Kamis 10 September 2015.

Lantaran, para pelaku aksi terorisme selama ini sering menjadikan ideologi dan pemahaman agama yang melenceng sebagai cara untuk menyebarkan paham mereka sekaligus merekrut anggota baru.

"Kalau orang bicara ideologi dan agama itu memang dahsyat. Kalau orang yakin terhadap ideologi tersebut maka dia selalu ingin mewujudkan dan meyakinkan kepada para pengikutnya bahwa ideologi itu benar. Dan itu terus ditanamkan di benak para pengikutnya sampai mereka benar-benar yakin dan menjalankan," ujar Hamdi.

Dengan cara itulah, menurut Hamdi, para pelaku aksi terorisme terus bergerilya merekrut orang sebanyak-banyaknya. Di samping ideologi dan agama, deradikalisasi atau penyadaran juga harus terus ditingkatkan terhadap para pelaku terorisme.

"Ini sangat penting karena bila dibiarkan, para pelaku teroris bisa menyebarkan ideologinya kepada para tahanan lain di dalam Lapas. Juga buat yang sudah bebas, bisa kembali menjalankan aksinya untuk merekrut anggota baru," tukas Hamdi. (Ali/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini