Sukses

Kedutaan Israel di Mesir Kembali Dibuka

Sebelumnya, perwakilan resmi Pemerintah Israel di Negeri Piramida sempat ditutup selama empat tahun.

Liputan6.com, Kairo Israel dilaporkan kembali membuka Kedutaannya di Mesir. Sebelumnya, perwakilan resmi Pemerintah Israel di Negeri Piramida sempat ditutup selama empat tahun.

Penutupan dilakukan menyusul serangan masa ke Gedung Kedutaan Israel. Saat itu, puluhan staf serta Duta Besar Israel untuk Mesir langsung diungsikan.

Keterangan mengenai pembukaan kembali Kedutaan Besar Israel disampaikan oleh Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri Israel, Dore Gold. Dia pun langsung diutus pemerintahnya ke Kairo untuk menghadiri upacara pembukaan Kedutaan.

"Kedutaan Israel di Mesir kembali beroperasi lagi hari ini," sebut keterangan resmi Kemlu Israel seperti dikutip dari Al Jazeera, Kamis (10/9/2015).

Upacara yang dilangsungkan di gedung kedutaan ini dihadiri oleh beberapa pejabat kedua negara. Termasuk dengan Duta Besar Israel untuk Mesir Haim Koren.

Kedutaan Besar Israel ditutup akibat protes berujung kerusuhan dan penyerangan gedung tersebut yang terjadi September 2012. Hal ini dipicu penembakan 5 warga Mesir oleh aparat Israel. Hubungan kedua negara pun kembali membaik saat Presiden Mohamed Morsi digulingkan.

Sebenarnya Mesir merupakan negara Arab pertama yang menandatangani perjanjian damai dengan Israel pada 1979. Namun, hubungan dua negara ini acap kali memanas akibat kebijakan perseturuan Israel dan Palestina. (Ger/Rie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.