Sukses

Dijaga Paspampres, RSCM Tak Terang Benderang Seperti Biasanya

Selain itu, lampu penerangan yang biasanya tampak terang pada malam hari, kali ini tampak digelapkan oleh pihak rumah sakit.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla tengah menjalani perawatan medis di Paviliun Kencana Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. Walau belum ada keterangan resmi di mana ruang perawatan JK di rumah sakit tersebut, saat ini di sekitar rumah sakit tampak dijaga belasan anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Pantauan Liputan6.com, Rabu (9/9/2015) malam, beberapa lokasi sekitar seperti halaman parkir dan ruang lobi rumah sakit dijaga beberapa anggota Paspampres. Mereka terlihat terus mengawasi lokasi di ruang lobi rumah sakit dan halaman depan yang tampak dipenuhi kerumunan wartawan yang tengah meliput.

Selain itu, lampu penerangan yang biasanya tampak terang pada malam hari, kali ini tampak digelapkan oleh pihak rumah sakit. Hanya beberapa lampu di bagian lobi yang dihidupkan. Suasana rumah sakit yang biasanya diterangi lampu itu pun saat ini tampak redup.

Salah seorang petugas enggan menjawab mengapa lampu penerangan rumah sakit sebagian dimatikan. "Maaf, Mas, saya enggak bisa jawab," ujar dia saat dikonfirmasi.

Masalah di Bagian Jantung

Sebelumnya sumber Liputan6.com di Istana menyatakan bahwa dalam perawatan tersebut tim dokter memasangkan ring di bagian jantung. Belum diketahui detail apakah sakit yang diderita Wapres JK terkait masalah pada bagian jantungnya.

Sementara Juru Bicara Wakil Presiden Husain Abdullah menerangkan, JK sejak siang hari melaksanakan general check up atau diperiksa kesehatannya secara menyeluruh.

"Tadi Bapak ke Salemba bedah buku. Karena sudah di RSCM, sehingga dokter yang hadir menganjurkan cek kesehatan sekaligus melihat peralatan dan blusukan di rumah sakit. Di RS, Bapak sekalian cek kesehatan, soalnya lama tidak check up," kata Husain dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Saran Tim Dokter Kepresidenan

Pemeriksaan JK merupakan ide Ketua Tim Dokter Kepresidenan Prof Dr Azis Rani. Husain mengatakan Azis sejak lama telah meminta waktu agar JK diperiksa dan baru berhasil dilakukan siang tadi.

"Sudah lama dia 'mengincar' Pak JK agar bisa observasi, sebab kalau tidak maka tidak akan jadi dan selalu tidak punya waktu. Rupanya upaya dokter di RSCM berhasil, Pak JK akhirnya dilakukan observasi sekaligus memanfaatkan waktu buat istirahat hingga sore hari," ucap dia. ‎

Setelah pulang dari rumah sakit, Husain tidak tahu aktivitas yang dilakukan JK. Namun, ia menuturkan publik tidak perlu khawatir karena mantan Ketua Umum Golkar itu berada dalam keadaan sehat. Demi istirahat JK maksimal, sejumlah agenda pun terpaksa dihapus dari jadwal.

"Memang beberapa acara terpaksa digunting, tapi kalau tidak dengan cara ini, maka pemeriksaan tidak akan bisa maksimal. Pak JK lebih suka kerja dan jalan ke berbagai daerah. Sampaikan ke teman-teman tak perlu khawatir," tandas Husain. (Ado/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini