Sukses

Pencarian WNI Korban Kapal Karam di Malaysia Dihentikan Hari Ini

Dalam pencarian Selasa kemarin, Tim SAR berhasil menemukan beberapa korban tewas.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Lalu Muhamad Iqbal, angkat bicara terkait perkembangan pencarian korban kapal karam di perairan Malaysia. Perahu kayu tersebut karam saat mengangkut puluhan tenaga kerja Indonesia (TKI).

Iqbal mengatakan, sampai Selasa kemarin upaya pencarian masih dilakukan. Namun, kemungkinan besar operasi pencarian akan dihentikan hari ini, Rabu (9/9/2015).

"Jika sesuai rencana, Rabu adalah hari terakhir SAR," jelas Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Selasa 8 September 2015.

Iqbal mengungkapkan, dalam pencarian Selasa kemarin, Tim SAR berhasil menemukan beberapa korban tewas, sehingga total jumlah korban yang berhasil ditemukan 62 orang. "Hingga malam pukul 19.15 LT, jumlah korban meninggal total 62," ucap Iqbal

Dari 62 korban tersebut, 39 jenazah berhasil dikenali. Proses identifikasi korban dipastikan akan terus berlanjut. "Dari jumlah tersebut, 39 sudah berhasil diidentifikasi. Dengan demikian, yang belum teridentifikasi sebanyak 23 jenazah," jelas Iqbal.

Rencananya, hari ini 5 jenazah akan dipulangkan ke daerah asal masing-masing. 1 Jenazah ke Aceh, 1 ke Surabaya, 2 ke Medan, dan 1 ke Yogyakarta. (Sun/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini