Sukses

Buwas Dilantik Sebagai Kepala BNN Hari Ini

Buwas juga telah membenarkan bahwa pelantikannya menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Akan digelar hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Kabareskrim Komjen Pol Budi Waseso segera dilantik sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Pelantikan rencananya akan dilakukan oleh Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

"Kalau saya tidak salah dilantik besok ya, cek ke Kapolri. Tapi yang jelas yang melantik Kapolri," kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 7 September 2015.
‎
Dia mengatakan, pelantikan Kepala BNN dilakukan oleh Badrodin sama seperti pelantikan Kepala BNN periode sebelumnya. "Periode sebelumnya yang melantik juga Kapolri, jadi kemungkinan akan sama, tapi coba cek lagi ke Kapolri," ujar Pratikno.

Pria yang akrab disapa Buwas juga telah membenarkan bahwa pelantikan akan digelar hari ini. "Besok (Selasa) ada sertijab secara resmi Kepala BNN dari Pak Anang diserahkan kepada saya. Jadi saya mulai menjabat bekerja baru besok. Nanti temen-temen bisa nanya setelah saya di sana (BNN)," ujar Budi Waseso, usai sertijab Kebareskrim di Rupatama Polri pada Senin kemarin.

Selain itu, Selasa pagi ini juga sudah beredar agenda serah terima jabatan pergantian antara Buwas dan Anang Iskandar.

"Acara serah terima jabatan pergantian Kepala BNN dari Komjen Pol. Anang Iskandar menjadi Komjen Pol. Budi Waseso, pukul 08.30 WIB di Gedung BNN," demikian bunyi pesan yang diterima Selasa (8/9/2015). 

Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti menilai Buwas sudah teruji dengan baik menangani sejumlah kasus saat masih menjabat sebagai Kabareskrim. Oleh karena itu, Buwas layak memimpin BNN mengingat pemerintah telah menetapkan Indonesia dalam fase darurat narkotika.

‎"Narkotika sudah darurat nasional. Kalau sudah gitu, bagaimana bisa memberantas? Kan harus dengan satu upaya yang betul-betul. Kalau (Buwas) sudah teruji di Bareskrim, untuk berantas narkotika kan lebih baik," ucap Badrodin.

Sebelum resmi bertukar jabatan sebagai Kepala BNN, Budi Waseso atau Buwas dan Anang Iskandar yang kini duduk sebagai Kabareskrim Polri telah melakukan upacara serah terima jabatan (sertijab) Kepala Bareskrim. Sertijab ini dipimpin langsung oleh Kapolri.

‎Anang yang sebelumnya menjabat Kepala BNN berdiri berdampingan dengan Buwas. Mereka kemudian melakukan tukar posisi jabatan. ‎Dalam amanahnya, Badrodin berharap Anang dapat melanjutkan kinerja Buwas yang sebelumnya sebagai Kabareskrim.

‎Ia juga menasihati Anang agar bisa menjadikan Bareskrim sebagai garda terdepan dan ujung tombak Polri dalam menegakkan hukum.

Sementara kepada Buwas yang kini menjadi Kepala BNN, Badrodin berharap agar anak buahnya itu mampu memberantas kejahatan narkotika. Ia juga memberikan apresiasi atas kinerja yang telah dilakukan Buwas sebagai Kabareskrim sejak Januari 2015.

Sebelumnya Polri dan pemerintah memiliki 2 alternatif nama untuk mengganti Komjen Anang Iskandar sebagai Kepala BNN. ‎Namun, Kapolri enggan membeberkan 2 nama itu. (Tnt/Rie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini