Sukses

Titik Api di Sumatera Meningkat Jadi 1.041

"Dalam satu pekan terakhir itu merupakan angka tertinggi."

Liputan6.com, Medan - Kebakaran hutan dan lahan di berbagai daerah di Pulau Sumatera belum kunjung padam. Titik api (hot spot) meningkat hingga mencapai 1.041 titik. "Dalam satu pekan terakhir itu merupakan angka tertinggi," kata Staf Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan, Lestari Purba, Senin (7/9/2015).

Dia menyebutkan daerah yang menjadi penyumbang titik api terbanyak berada di Sumatera Selatan dengan 572 titik api. "Selain di Sumsel, di kawasan Jambi juga banyak titik api yang terdata. Meskipun begitu, kita tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dengan ancaman kabut kiriman," ujar dia.

Sementara itu, Lestari menjelaskan, arah angin saat ini masih berhembus dari arah Tenggara. Akibatnya potensi kebakaran berikut kabut asap diperkirakan masih mengancam wilayah Sumatera Utara.

Saat ini kabut asap terpantau sudah sedikit berkurang di Kota Medan dan sejumlah wilayah lainnya di Sumatera Utara. Hal itu disebabkan turunnya hujan selama dua hari berturut-turut di sejumlah titik. (Hmb/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini