Sukses

Misteri Bola Api di Langit Bangkok

Media sosial di Thailand dihebohkan dengan sebuah bola api meledak di langit kota Bangkok. Apakah itu Asteroid atau Balon terbakar?

Liputan6.com, Bangkok - Media sosial di Thailand dihebohkan dengan sebuah bola api meledak di langit kota Bangkok pagi Senin (7/9/2015). Banyak dari mereka memposting video detik-detik jatuh dan meledaknya bola api itu.

Benda tersebut terekam di berbagai kota di jam sibuk pagi hari. Objek itu menyala lalu kemudian menghilang, saat menghujam ke bawah.

Salah satu akun Nipon Ployngarm merekam meledaknya bola api tersebut dan ia posting lewat Facebook.

 

เมื่อเช้าขับรถจะไปทำงาน พอดีกล้องหน้ารถบันทึกเหตุการณ์ประหลาดได้ มีแสงสว่างพุ่งลงมาจากท้องฟ้า สว่างจ้าเลย เป็นทางยาว ไม่รู้เหมือนกันแสงอะไร บริเวณท่าม่วง

Posted by Nipon Ployngarm on Sunday, September 6, 2015

"Ada kemungkinan objek yang direkam dan banyak beredar di media sosial adalah objek luar angkasa," kata Saran Poshyachinda, wakil direktur Nasional Insitut untuk Penelitian Astronomi, kepada CNN Senin (7/9/2015).

"Benda itu seperti asteroid menuju Bumi, melintasi atmosfer hingga seperti bola api," tambahnya lagi. Menurut bukti yang terlihat beredar di media sosial, ia memperkirakan benda tersebut terbakar di 100 km dari atas tanah.

Akun Thitapa Siripipat juga berhasil merekam meledaknya benda tersebut, seperti terlihat di Twitternya.

"Tidak terlalu berat, mungkin hanya beberapa kilogram saja," jelasnya lagi.

Sementara itu, Planetarium Bangkok mengatakan bahwa kemungkinan itu adalah balon yang terbakar. Beberapa instansi pemerintah memprediksi benda tersebut adalah sampah luar angkasa yang tertarik gravitasi Bumi dan terbakar saat melintasi atmosfer.

Objek yang sama juga terlihat di Provinsi Kanchanaburi, barat ibukota.

Aparat keamanan seperti dikutip di media lokal Bangkok mengatakan, bahwa itu bukan pesawat tempur yang jatuh. Karena sejauh ini belum ada laporan mengenai hal tersebut. (Rie/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.