Sukses

Ribuan Warga Pekanbaru Minta Hujan untuk Hilangkan Kabut Asap

Sejumlah peserta salat istisqaq bahkan ada yang menangis saat mendengar doa dilantunkan.

Liputan6.com, Riau - Ribuan masyarakat Kota Pekanbaru melaksanakan salat istisqa di Masjid Annur, Jalan Hang Tuah, Senin 7 September 2015. Para jamaah meminta Tuhan menurunkan hujan dengan harapan kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan hilang.

Salat ini digagas oleh Kapolresta Pekanbaru Kombes Aries Syarif Hidayat. Hadir pula Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan jajaran pemerintahan lainnya.

"Supaya masyarakat muslim memohon kepada Allah SWT menurunkan rahmatnya berupa hujan ke bumi lancang kuning ini," kata Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntu Aryo Tejo, Senin (7/9/2015).

Salat sunah ini diramaikan para siswa yang sekolahnya bersebelahan dengan masjid tersebut. Ratusan polisi dan TNI juga meramaikan upaya meminta hujan ini.

Para jemaah salat terlihat khusuk mengikuti doa yang dibawakan imam. Sejumlah peserta salat istisqaq bahkan ada yang menangis saat mendengar doa dilantunkan.

Guntur mengatakan salat ini dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. "Alhamdulillah lebih dari 1.000 orang umat Islam yang datang dari berbagai instansi dan sekolah. Mudah-mudahan Allah menurunkan rahmatnya kepada kita semua," ujar Guntur.

Sementara itu, kondisi udara di Pekanbaru kian buruk akibat kabut asap. Beberapa hari belakangan, udara dinyatakan tidak sehat bahkan berbahaya bagi kesehatan.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikan (BMKG), jarak pandang di Pekanbaru kian memburuk dan hanya sebatas 200 meter.

Kepala BMKG Pekanbaru Sugarin menuturkan asap ini merupakan kiriman dari provinsi tetangga selain berasal dari kebakaran hutan dan lahan di Riau. (Bob/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini