Sukses

6 Legislator Laporkan Setya Novanto dan Fadli Zon ke MKD

Mereka mengecam kehadiran dua pimpinan DPR ke kampanye Donal Trump. Siapa saja 6 legislator itu?

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Setya Novanto dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon tertangkap kamera menghadiri kampanye calon presiden Amerika Serikat Donald Trump. Kehadiran 2 pimpinan dewan ini mengundang kritik. Termasuk dari 6 anggota dewan.

Keenam anggota DPR ini berencana mengadukan keduanya ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maman Imanul Haq mengatakan pelaporan itu akan dilakukan siang ini.

"Betul jam 2 siang, yang konfirm 6 orang, Budiman Sudjatmiko, Adian Napitupulu, Charles Honoris, Diah Pitaloka (PDIP), saya, Akbar Faizal (Nasdem)," kata Maman saat dihubungi di Jakarta, Senin (7/9/2015).

Sebelumnya, pertemuan rombongan DPR di bawah koordinasi Setyo Novanto dan Fadli Zon hadir dalam kampanye Donald Trump. Pertemuan tersebut berlangsung di sela-sela kunjungan resmi DPR RI ke markas PBB di New York.

Ketua DPR Setya Novanto dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon muncul dalam acara kampanye Donald Trump di Trump Tower, Fifth Avenue, New York, Kamis 3 September 2015 pukul 13.00 waktu setempat. Kemunculan keduanya menuai kecaman dari sejumlah kalangan.

Pimpinan DPR itu menegaskan kehadiran mereka ke kampanye Donald Trump terjadi setelah pertemuan dengan sang pengusaha di lantai 26 Trump Plaza. Pertemuan itu digelar untuk membangun jaringan dan memperkuat investasi Trump di Indonesia.

"Pertemuan dilakukan di lantai 26 Trump Plaza. Setelah itu delegasi diajak turun ke lantai dasar serta melihat acara konferensi pers. Sebagai orang timur yang memiliki kesantunan, ajakan tersebut dipenuhi. Bukan sebagai bentuk dukungan politik," kata Juru Bicara Pimpinan DPR, Nurul Arifin, kepada Liputan6.com di Jakarta, Minggu 6 September 2015. (Bob)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini