Sukses

Buwas Resmi Serahkan Jabatan Kabareskrim ke Komjen Anang Iskandar

Komjen Pol Budi Waseso resmi menyerahkan jabatan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri kepada Komjen Pol Anang Iskandar.

Liputan6.com, Jakarta - Komjen Pol Budi Waseso resmi menyerahkan jabatan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri kepada Komjen Pol Anang Iskandar. Serah terima‎ jabatan (sertijab) itu dipimpin oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

"Pelaksanaan sertijab untuk jabatan Kabareskrim dan beberapa jabatan lainnya dilaksanakan hari ini sesuai jadwal," jelas Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Polisi Agus Rianto, Jakarta, Senin (7/9/2015).

Berdasarkan Surat Telegram tertanggal 3 September 2015 bernomor ST/1847/IX/2015, Budi Waseso atau yang dikenal dengan Buwas akan bertukar posisi dengan Kepala BNN Komjen Anang Iskandar.

Pada sertijab ini, kapolri juga melantik beberapa kapolda dan jabatan utama lainnya. Kapolda yang akan dimutasi yakni Irjen Andayono dari Polda Kaltim menjadi Pati Yanma Polri dalam rangka pensiun. Posisi Kapolda Kaltim diisi oleh Irjen Safaruddin yang sebelumnya menjabat sebagai Wakabag Intelkam.

Irjen Sugeng Priyanto, Kadiv Hubinter Polri diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Bali menggantikan Irjen Ronny F Sompie yang melepas jabatannya karena terpilih sebagai Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Pengganti Sugeng yakni Brigjen Polisi I‎ Ketut Untung Yoga yang saat ini menjabat sebagai Kasespimti Polri Lemdikpol.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Eko Hadi Sutedjo akan bertukar posisi dengan Irjen Ngadino sebagai Wakabaharkam.

Lalu ada Irjen Anas Yusuf, Kapolda Jawa Timur, yang diangkat dalam jabatan baru sebagai Gubernur Akpol. Kapolda Sulawesi Selatan-Barat Irjen Anton Setiadji akan mengisi jabatan yang ditinggal Anas Yusuf sebagai Kapolda Jatim. Sementara Gubernur Akpol, Irjen Pudji Hartanto Iskandar diangkat menjadi Kapolda Sulselbar menggantikan Irjen Anton Setiadji.

Wakapolda DIY, Kombes Imam Sugianto, diangkat dalam jabatan baru sebagai Karoninops Sops Polri. Irjen Tubagus Anis Angkawijaya, Sahli Sospol Kapolri dimutasi sebagai analis kebijakan utama bidang Sosek Sahli Kapolri. Brigjen Polisi Basaria Panjaitan akan mengisi jabatan yang ditinggalkan Tubagus Anis Angkawijaya.

Irjen Syahrul Mamma, pati SSDM Polri yang bertugas di Kemenkopolhukam sebagai Dep Bidang Koordinasi Keamanan Nasional diangkat menjadi Wakabareskrim yang akan mendampingi Anang Iskandar sebagai Kabareskrim.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim, Brigjen Pol Victor E Simanjuntak, dimutasi sebagai Pati Bareskrim dalam rangka pensiun. Penggantinya yakni Brigjen Bambang Waskito, yang sebelumnya menjabat sebagai Karobinsops Sops Polri.

Brigjen Polisi Zulkarnain, Karowassidik diangkat sebagai Kapolda Maluku Utara menggantikan Kapolda sebelumnya Brigjen Polisi Imam Budi Supeno yang dimutasi sebagai Wagub Akpol Lemdikpol.

Kapolda Gorontalo, Brigjen Polisi Andjaja diangkat menjadi Irwil IV Itwasum Polri. Penggantinya sebagai Kapolda Gorontalo yakni Brigjen Polisi Bengkie Kaluara yang sebelumnya menjabat sebagai Dirbinmas Baharkam Polri.

Kapolda Sulawesi Tenggara, Brigjen Polisi Arkian Lubis dimutasi menjadi Karorenmin Baharkam Polri. Posisi Kapolda Sultra diisi oleh Brigjen Pol Angung Sabar Santoso yang menjabat sebagai Pati Bareskrim Polri penugasan pada BNN sebagai Dirkerjasama Deputi Bidang Hukum dan Kerjasama. (Bob/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.