Sukses

Pesan Partai Demokrat untuk PAN yang Berpindah Haluan

Partai Demokrat menyarankan sebelum ada deklarasi mendukung pemerintah, PAN sebaiknya mendatangi KMP terlebih dahulu.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) telah menyatakan mendukung pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Meski berpindah haluan, partai berlambang matahari itu masih abu-abu soal keluar dari Koalisi Merah Putih (KMP).

Terkait hal tersebut, Partai Demokrat menyarankan sebelum ada deklarasi mendukung pemerintah, PAN sebaiknya mendatangi KMP terlebih dahulu.

"Saya kira PAN di keberadaan MPR dan DPR, secara kolektif didukung KMP, maka seyogianya dia berkosultasi dengan KMP dalam mengambil langkah ini," ujar Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarif Hasan di kantor DPP Demokrat, Jakarta, Minggu (6/9/2015).

Meski demikian, menurut Syarif, itu sepenuhnya adalah hak politik dari partai pimpinan Zulkifli Hasan tersebut. "Sekali lagi itu adalah hak politik PAN. Kita hargai," tutur Syarif.

Saat ditanyakan efek berpalingnya PAN dari KMP ke Koalisi Indonesia Hebat (KIH), Syarif mengatakan menyerahkan sepenuhnya kepada publik. "Apa konsekuensinya? Itu rakyat yang menilai. Kami tidak memiliki hak menilai itu betul atau salah," tutup Syarif.

Ramai disebutkan, setelah deklarasi dukungan ke pemerintah, PAN akan mendapat posisi di kabinet. Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bersama Ketua MPP PAN Soetrisno Bachir, dan Ketua Umum Partai Hanura Wiranto, bertemu Presiden Jokowi. Zulkifli pun blak-blakan mengatakan mendukung pemerintah.

"Kami sepakat bulat menyatakan PAN bergabung, kalau sebelumnya mendukung, dengan pemerintah untuk menyukseskan seluruh program-program pemerintah," ucap Zulkifli.

Pertimbangan PAN bergabung, kata Zulkifli, karena situasi ekonomi global saat ini. Sehingga, butuh kebersamaan dari seluruh elemen masyarakat dan partai politik menyukseskan pemerintahan. (Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.