Sukses

Jerman Sita Paspor Palsu Suriah yang Akan Dijual ke Pencari Suaka

Sebagai pengungsi dari perang saudara Suriah, sebagian besar memiliki hak untuk mencari suaka.

Liputan6.com, Berlin - Petugas bea cukai Jerman telah menyita paket yang berisi paspor Suriah yang diduga polisi dijual secara ilegal ke para pencari suaka. Seorang pejabat kementerian keuangan mengatakan paspor asli dan palsu ada di dalam paket yang disita tersebut.

Jerman membiarkan warga Suriah mendaftar untuk mencari suaka terlepas dari negara mana mereka masuk ke Uni Eropa. Sebagai pengungsi dari perang saudara Suriah, sebagian besar memiliki hak untuk mencari suaka.

Badan Perbatasan Uni Eropa Frontex mengatakan perdagangan paspor palsu Suriah telah meningkat, terutama di Turki. Seorang pejabat Frontex, Fabrice Leggeri, mengatakan kepada stasiun radio Prancis Europe 1 bahwa orang-orang yang menggunakan paspor palsu ini kebanyakan berbahasa Arab.

"Mereka mungkin berasal dari Afrika Utara, Timur Tengah, tetapi mereka memiliki profil migran ekonomi," kata dia seperti dikutip BBC, Minggu (6/9/2015).

Jerman sejauh ini memiliki jumlah tertinggi pencari suaka di Uni Eropa, banyak dari mereka berasal dari Suriah dan Afghanistan, namun banyak juga dari negara-negara Balkan Barat.

Sedangkan Turki adalah negara transit utama bagi pengungsi dan migran lainnya menuju Uni Eropa, dan menyediakan tempat bagi lebih dari 2 juta pengungsi Suriah di kamp-kamp. (Ado/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini