Sukses

Usai Paparan Gubernur Sumsel, Jokowi ke Lokasi Kebakaran Hutan

Tidak hanya memantau sumber kabut asap, dari jadwalnya Jokowi juga akan meninjau progres pembangunan jalan Tol Palembang-Inderalaya.

Liputan6.com, Palembang - Kebakaran lahan yang terjadi di Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi perhatian serius Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Pagi tadi, Jokowi beserta rombongan terbang ke Palembang dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta sekitar pukul 09.00 WIB.

Sekitar pukul 10.00 WIB, Jokowi beserta rombongan tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang. Jokowi antara lain datang bersama Ibu Negara Iriana, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Kepala BNPNB Syamsul Maarif, dan Sekjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bambang Hendryono.

Sebelum meninjau lokasi, Jokowi sempat menerima paparan di ruang rapat VIP Bandara SMB II Palembang dari Gubernur Sumsel Alex Noerdin. Setelah itu Jokowi dan rombongan langsung masuk ke mobil kepresidenan untuk melanjutkan perjalanan.

"Nanti saja, kita cek dulu ke lapangan, belum tahu kondisinya. Baru tahu kalau sudah di lapangan," ujar Jokowi kepada awak media sebelum menaiki mobil, Minggu (6/9/2015).

Tinjau Pembangunan Jalan Tol

Dari jadwal kepresidenan, rombongan akan menuju Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), tepatnya ke Desa Pinang Raya Kecamatan Pademaran, Pulau Gronggongan, Kecamatan Pedamaran Timur, dan Desa Sungai Patas Kecamatan Pangkalan Laban Kabupaten OKI. Perjalanan darat ke daerah hotspot tersebut memakan waktu sekitar 3,5 jam.

Tidak hanya memantau sumber kabut asap, dari jadwalnya Jokowi juga akan meninjau progres pembangunan jalan Tol Palembang-Inderalaya (Palindra) sepanjang perjalanan dari Palembang menuju Kabupaten Ogan Ilir.

Dari pantauan Liputan6.com, kabut asap pekat selama 2 pekan ini mulai terjadi pada subuh menjelang pagi hari. Kabut asap mulai sedikit menipis sekitar pukul 08.00 WIB hingga 09.00 WIB. Jarak pandang pun semakin pendek di pagi hari dan akan berangsur membaik menjelang siang.

Untuk aktivitas sekolah, khususnya di Palembang masih berjalan lancar, belum ada kebijakan untuk meliburkan sekolah. Namun, para warga sudah mengantisipasi dengan penggunaan masker. (Ado/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini