Sukses

Kabut Asap Mulai Selimuti Singkawang

Kabut asap di Singkawang juga berasal dari daerah lain.

Liputan6.com, Singkawang - Kota Singkawang, Kalimantan Barat mulai diselimuti kabut asap. Hal ini sebagai akibat dari pembakaran lahan dan hutan di  beberapa kawasan di Kalimantan Barat.

"Beruntung, hujan buatan yang dilakukan BPBD Provinsi setidaknya dapat mengurangi kabut asap yang terjadi," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Singkawang Burhanuddin di Singkawang, Sabtu (5/9/2015).

Ia menambahkan, kabut asap yang saat ini mulai menyelimuti Singkawang juga berasal dari daerah lain yang beberapa pekan lalu mengalami kebakaran hutan dan lahan.

"Kita berharap di Singkawang ada hujan sehingga dapat menghilangkan kabut asap yang merupakan kiriman itu," ucap dia.

Dengan mulai diselimutinya Singkawang oleh kabut asap, BPBD telah mengusulkan adanya pengadaan masker kepada BPBD provinsi dan pusat.

"Mudah-mudahan usulan masker ini cepat disetujui, sehingga bisa dengan segera untuk dibagikan ke masyarakat secara gratis," sambung dia.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Singkawang, A. Kismed mengatakan, mengimbau kepada seluruh warga terutama kepada orangtua untuk melarang anak-anaknya untuk keluar rumah untuk sementara waktu. Mengingat kabut asap sudah mulai menyelimuti Kota Singkawang.

"Karena kabut asap sangat rentan terhadap anak-anak, orangtua yang sudah renta dan ibu-ibu yang sedang hamil," imbau Kismed. (Ant/Han/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini