Sukses

4 Unit Air Tractor dari Australia Siap 'Bom' Titik Api

Kementerian LHK dan BNPB juga akan meneruskan operasi hujan buatan dan pemboman air

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus berupaya memadamkan sejumlah titik api dan lahan di kawasan Sumatera dan Kalimantan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pihaknya bersama KemenLHK telah menyiapkan 4 unit air tractor dari Australia untuk melakukan pemadaman dari udara.

"Saat ini baru 1 unit yang datang di Riau," kata Sutopo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (5/9/2015).

Sutopo menambahkan, pihaknya juga akan meneruskan operasi hujan buatan dan pengeboman air di sejumlah titik api di wilayah Sumatera dan Kalimantan.

"BNPB juga akan memberikan pendampingan teknis dalam operasi pemadaman ini," sambung dia

Selain KemenLHK dan BNPB, sambung Sutopo, operasi hujan buatan juga akan dibantu personel TNI dan Polri. Sutopo mengungkapkan, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo telah mengerahkan sejumlah pesawat terbang untuk membantu dalam operasi ini.

"Panglima TNI akan mengerahkan pesawat terbang untuk hujan buatan dan personel TNI sesuai permintaan dari Kemen LHK dan Pemda. Target operasi darurat asap pada bulan September [karhutla](2303788/ "") dapat diatasi di Sumatera dan Kalimantan," ucap Sutopo. (Han/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.