Sukses

Pesawat Gantole Jatuh di Bantul Diduga Alami Kerusakan Mesin

Tim SAR dan polisi memasang garis polisi karena banyaknya warga yang melihat pesawat jatuh ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah pesawat jenis trike atau gantole mengalami kecelakaan di Dusun Glondong, Desa Wirokerten, Kecamatan Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Pesawat tersebut diduga mengalami kerusakan mesin.

Mulyono, warga Desa Wirokerten menuturkan, pesawat jenis trike berputar-putar di daerah tersebut sekitar pukul 10.00 WIB. Warga sebenarnya sudah biasa melihat pesawat trike yang berlatih setiap Sabtu dan Minggu.

"Selama kurang lebih 3 kali berputar dan terakhir mengarah ke sekitar area sekolah dan persawahan, suara lalu menghilang dan ternyata jatuh di area sawah tepat di seberang SD Wirokerten," kata Mulyono, Sabtu (5/9/2015).

Kepala Penerbangan dan Perpustakaan Lanud Adi Sucipto Mayor Hamdi Londong membenarkan ada kejadian kecelakaan pesawat jenis trike di Banguntapan. Pesawat trike itu meluncur dari Lanud Adisutjipto Yogyakarta. Pesawat kemudian terbang ke arah selatan bersama pesawat trike lainnya.

" Iya benar di Banguntapan pesawat jenis trike," ujar Mayor Londong.

Salah satu anggota tim SAR mengatakan, kecelakan terjadi karena mengalami kemacetan mesin. Saat itu pesawat akan didaratkan di lapangan sepakbola, tapi karena banyak anak-anak sekolah sang pilot mengalihkan di area sawah warga yang terletak tidak jauh dari lapangan sepakbola tersebut.

"Karena masalah mesin tadi. Tapi kita belum lihat apa penyebab pastinya," ujar dia.

Kecelakaan ini tidak menelan korban jiwa. Sang pilot pun tidak mengalami luka yang begitu serius. Belum diketahui identitas dari penerbang pesawat jenis ini.

Akibat kejadian ini akhirnya tim SAR dan polisi memasang garis polisi karena banyaknya warga yang melihat pesawat jatuh ini. (Mvi/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.