Sukses

Fosil Gajah Purba di Blora Berhasil Diangkat

Fosil gajah purba yang ditemukan di Blora, Jateng, Maret silam, berhasil diangkat seluruhnya. Kini fosil itu diteliti di Bandung, Jabar.

Liputan6.com, Blora: Para ahli purbakala mengangkat fosil gajah purba Elephas Hysudrincius yang ditemukan di Desa Medalem, Blora, Jawa Tengah, Rabu (27/5). Tim kini tengah memindahkan tulang belulang gajah secara utuh untuk diteliti di Museum Geologi Nasional, Bandung, Jawa Barat.

Penggalian fosil gajah ini sudah dimulai pada 25 Maret silam. Fosil yang diyakini hidup 150 ribu hingga 200 ribu tahun lalu ini memiliki bobot dua ton lebih dan tinggi dua meter. Binatang tersebut juga diperkirakan mati dan terkubur di pasir pada masa plistosen akhir.

Fosil gajah purba ini adalah yang paling lengkap dibanding temuan sebelumnya di Desa Cijerah, Bandung, pada 2002. Sebab fosil yang ditemukan lengkap mulai dari tulang kaki, kepala, tulang kering, tulang rusuk, hingga gigi. Fosil gajah tersebut nenek moyang dari gajah masa sekarang.(BJK)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.