Sukses

Plt Gubernur Sumut: Tindak Pembakar Hutan di Sumatera

Akibat kabut asap, jadwal Plt gubernur Sumut menjadi batal.

Liputan6.com, Medan - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi MSi meminta aparat penegak hukum segera bertindak cepat mengusut penyebab kebakaran hutan di Sumut dan menindak tegas pihak yang terbukti melakukan pembakaran hutan.

Ia mengatakan berdasarkan laporan yang diterima dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), penyebab kabut asap yang menyelimuti wilayah Sumut, termasuk Kota Medan dan sekitarnya akibat kebakaran hutan dan lahan di sejumlah provinsi di Pulau Sumatera.

"Kebakaran paling parah terjadi di Riau. Sedangkan di wilayah Sumut terpantau hanya 4 titik, yaitu di Kabupaten Karo, Mandiling Natal, Tapanuli Utara dan Tapanuli Selatan. Tetapi skala kebakaran terpantau kecil dibandingkan wilayah Riau," kata Erry, Jumat (4/9/2015).

Kendati demikian, kabut asap kiriman dari Riau dan sejumlah daerah di sekitarnya mengakibatkan jadwal penerbangan di Bandara Kualanamu International Airport (KNIA) menjadi terganggu. Bahkan sejumlah maskapai penerbangan terpaksa menunda penerbangan mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

"Hari ini, sedianya saya terjadwal bertemu para Bupati dan Walikota sekepulauan Nias. Tetapi karena kabut asap, penerbangan dari Nias ke Kualanamu dibatalkan. Akibatnya, agenda pertemuan juga ikut batal," ungkap Erry.

Erry meminta aparat penegak hukum mengusut penyebab kebakaran hutan di wilayah Sumut, karena telah menimbulkan dampak luas bagi masyarakat.

"Jika ada yang terindikasi membakar hutan secara sengaja, tindak sesuai hukum yang berlaku," harap dia.

Tak hanya mengakibatkan batalnya sejumlah penerbangan, kabut asap juga mengancam kesehatan warga. Sejak dalam 3 hari terakhir, warga Kota Medan dan pengendara motor telah menggunakan masker dalam beraktivitas di luar rumah.

"Jika tidak penting, sebaiknya kurangi beraktivitas di luar rumah. Jika tetap harus beraktivitas, sebaiknya menggunakan masker. Lebih baik mencegah dari pada mengobati," tukas Erry.

Bengkulu Dikepung Hotspot

Proovinsi Bengkulu mulai dikepung kabut asap yang berasal dari 31 titik api atau hotspot yang terpantau satelit terra aqua Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu.

Prakirawan BMKG Bengkulu Haris Sahid Hakim mengatakan, sebaran 31 hotspot itu berada di 8 kabupaten se Provinsi Bengkulu. Kondisi ini memicu ketebalan kabut asap.

Terbanyak berada di kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara dan Bengkulu Tengah, Kaur, Bengkulu Selatan, Seluma, Kepahiang dan kabupaten Lebong.

Selain Hotspot, ketebalan kabut asap di Bengkulu juga diperparah dengan asap kiriman dari Provinsi Sumatra Selatan yang dipicu hembusan angina yang bergerak menuju ke arah tenggara menuju ke Kota Bengkulu.

“Ada 31 titik api yang terpantau satelit, kabut asap yang menyelimuti Bengkulu juga merupakan kiriman dari Provinsi Sumatra Selatan yang dibawa angin," ujar Haris di Bengkulu, Jumat (4/9/2015).

Jarak pandang pada siang hari, lanjut Haris, masih aman untuk penerbangan yaitu 10 km. Jika berkurang hingga batas minimal 2 km, pihak BMKG baru akan mengeluarkan peringatan kepada pihak bandaran Fatmawati Soekarno Bengkulu agar tidak melakukan aktifitas penerbangan.

Irpansyahnadi, warga kelurahan Sukarami Kota Bengkulu mengaku mulai mengalami sesak nafas akibat gangguan kabut asap yang mulai menyelimuti wilayah tempat tinggalnya beberapa hari ini.

"Sudah banyak warga yang datang ke Puskesmas karena gangguan ISPA, kami berharap kepada pemerintah jika kondisi ini terus memburuk tolong bantu kami untuk mendapatkan masker," tegas Irpansyahnadi. (Ali/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.