Sukses

Jadwal Penerbangan Kacau, Ratusan Calon Penumpang di Riau Refund

Sudah 3 maskapai yang membatalkan penerbangan yakni Citilink, Malindo Air dan Fire Fly.

Liputan6.com, Pekanbaru - Ratusan calon penumpang di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau, mengembalian tiket, Jumat 4 September 2015. Ini terpaksa dilakukan karena sejumlah maskapai memutuskan menunda penerbangan.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, ruang pelayanan penumpang Bandara SSK II dipenuhi ratusan calon penumpang yang mengantre mengembalikan tiket. Mereka mulai menumpuk sejak siang tadi.

Salah seorang calon penumpang asal Jakarta, Asep mengaku refund (pengembalian tiket) setelah maskapai Citilink yang akan membawanya ke Jakarta menunda keberangkatan

"Tadi saya diinformasikan, kemungkinan penerbangan ditunda hingga pukul 20.00 WIB. Namun belum ada kepastian akan hal tersebut. Untuk itu saya refund," ujar Asep.

Hal serupa ditempuh Rozi. Dia memilih mengembalikan tiket dan kembali terbang melalui Padang, Sumatera Barat.

Airport Duty Manager Bandara SSK II Ibnu Hasnan mengatakan, sudah 3 maskapai yang membatalkan penerbangan, yakni Citilink, Malindo Air dan Fire Fly.

"Malindo Air rute Pekanbaru-Malaka, Fire Fly rute Pekanbaru-Subang dan Citilink rute domestik," ujar Hasnan.

Sementara itu Kepala Pemasaran Citilink Pekanbaru membenarkan, terdapat 4 rute Citilink yang dibatalkan. 4 Rute tersebut adalah Pekanbaru-Batam, Pekanbaru-Surabaya, Pekanbaru-Yogyakarta dan Pekanbaru-Jakarta.

Untuk proses pengembalian uang, Citilink akan mengganti secara penuh sesuai harga tiket yang dibeli.

Sejauh ini, jarak pandang di lintasan bandara berdasarkan papan informasi masih 700 meter. Angka ini dinilai tidak aman untuk melakukan penerbangan.

Dari puluhan jadwal penerbangan, baru 2 pesawat, yaitu Garuda dan Lion Air tujuan Jakarta yang terbang tadi pagi. Kedua pesawat itu sebelumnya sudah menginap di Bandara SSK II. (Ron/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini