Sukses

Amien Rais Sebut 5 Tanda RI yang Mirip Dialami Uni Soviet

Kondisi ini dinilai harus segera diselesaikan dengan solusi yang tepat.

Liputan6.com, Yogyakarta - Indonesia tengah menghadapi krisis ekonomi. Kondisi ini dinilai harus segera diselesaikan dengan solusi yang tepat.

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyatakan, jika Indonesia tidak mampu mengatasi krisis, dikhawatirkan akan menjadi seperti Uni Soviet dan Yugoslavia.

Menurut Amien, ada 5 tanda Indonesia yang mirip dialami oleh Uni Soviet dan Yugoslavia. Yaitu ekonomi mengalami kegagalan, konflik politik pragmatis, dan pemimpin nasional yang dianggap tidak memiliki kompetensi.

Selain itu, kata mantan ketua MPR ini, pertikaian antaretnis dan adanya ancaman kekuatan global. Untuk itu, Presiden Jokowi disarankan mengumpulkan elemen bangsa dan duduk bersama membahas krisis ini.

"Saya sarankan Pak Jokowi dan Pak JK melakukan pertemuan dengan seluruh ketua lembaga tinggi negara, pimpinan TNI dan Polri, ketua umum partai politik, unsur-unsur agama, tokoh bangsa, wakil kampus terkemuka, wakil pengusaha, wakil media, dan LSM. Pertemuan tersebut supaya menghasilkan kesamaan pandangan tentang krisis yang tengah dihadapi," tutur Amien di kediamannya, Yogyakarta, Kamis (3/9/2015).

Pertemuan tersebut, menurut Amien harus dipimpin langsung oleh Kepala Negara. Nantinya seluruh kekuatan bangsa dapat melakukan sharing of power dan sharing of responsibility.

"Karena biasanya orang hanya ingin berbagi kekuasaan tetapi tidak bersedia berbagi tanggung jawab," imbuh dia.

Amien meminta pemerintah mengajak 9 elemen bangsa untuk duduk bersama membahas masalah ekonomi saat ini. Agar NKRI terhindar dari kehancuran ekonomi. (Ali/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.