Sukses

Jokowi Akan Resmikan Peluncuran Satelit Lapan A2

Satelit LAPAN-A2 merupakan satelit murni karya anak bangsa.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi dijadwalkan akan meresmikan peluncuran Satelit Ekuatorial Pertama Indonesia LAPAN-A2/LAPAN-ORARI di Pusat Teknologi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN),‎ Jalan Cagak Satelit Km 04, Rancabungur, Bogor, Jawa Barat. Jokowi akan menjadi salah satu saksi pengiriman satelit buatan anak negeri tersebut.‎

Berdasarkan jadwal yang diterima Liputan6.com dari Biro Pers Istana Kepresidenan, Kamis (3/9/2015), pelepasan Satelit LAPAN A2 ini akan dilakukan tepat pukul 09.00 WIB.

Beberapa menteri Kabinet Kerja rencananya juga akan turut menyaksikan peristiwa bersejarah bagi Indonesia di bidang sains dan teknologi itu. ‎
‎
Satelit LAPAN-A2 merupakan satelit ekuatorial pertama Indonesia yang sepenuhnya hasil pengembangan para peneliti dan perekayasa Lapan. Seluruh kegiatan perancangan, pembuatan, dan pengujiannya selesai pada Agustus 2012 di dalam negeri.

Pencapaian kemandirian penguasaan teknologi satelit mikro ini juga merupakan langkah maju setelah sebelumnya berhasil melaksanakan program pembangunan satelit LAPAN-A1/ LAPAN-TUBSAT, hasil kerja sama dengan TU Berlin, Jerman. LAPAN-A1 telah diluncurkan pada 2007, yang saat ini masih berada di orbit pada ketinggian 630 kilometer, namun masa operasionalnya telah berakhir pada 2013.‎

LAPAN-A2 akan diorbitkan dekat ekuator dengan inklinasi 6 derajat pada ketinggian 650 kilometer dari permukaan Bumi. Satelit berbobot 78 kilogram tersebut membawa misi pemantauan permukaan Bumi, identifikasi kapal laut, dan komunikasi radio amatir.‎

Sejumlah tim ahli saat mengamati satelit ekuatorial pertama Indonesia, LAPAN A2, di Pusat Teknologi Satelit Lapan, Bogor, Kamis (3/9/2015). Satelit tersebut nantinya akan segera diberangkatkan ke India. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Setelah meresmikan peluncuran satelit, Jokowi rencananya akan kembali bertolak ke Istana Kepresidenan Jakarta. Ada beberapa agenda menantinya.

Pada pukul 11.30 WIB, Presiden akan menerima laporan Panitia Seleksi (Pansel) anggota Komisi Yudisial yang telah menyelesaikan proses seleksi tahap akhir.

Setelah itu, Jokowi akan melakukan jamuan makan siang dengan para pedagang dan menerima beberapa menteri Kabinet Kerja. Pada sore harinya, Jokowi rencananya akan melakukan blusukan ke beberapa wilayah di Jakarta Utara untuk membagikan sembako kepada warga kurang mampu.

2 Wilayah yang akan dikunjungi dan menjadi tempat pembagian sembako di yaitu Jalan ‎Flamboyan RT 17 RW 08, Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing dan ‎Lapangan Kobra RW 09, Jalan Tanah Merah, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja. ‎(Mvi/Ali)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini