Sukses

3-9-1939: Prancis dan Inggris Nyatakan Perang Terhadap Jerman

Keputusan tersebut diambil sebagai respons serangan Hitler ke Polandia.

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari ini di 1939 sejarah besar terjadi. Prancis dan Inggris menyatakan perang terhadap Jerman.

Peristiwa ini berlangsung pada saat perang dunia II. Keputusan tersebut pun diambil sebagai respons serangan Hitler ke Polandia.

Namun pada awal perang, Jerman sama sekali tidak kalah. Mereka bahkan berhasil menenggelamkan kapal Inggris Athenia.

Athenia ditenggelamkan Kapal Selam Jerman U-30. Akibatnya, 112 orang termasuk 28 warga Amerika tewas.

Adanya warga AS yang menjadi korban, diharapkan Inggris akan menjadi pemicu agar Negeri Paman Sam mengirimkan pasukannya ke Eropa untuk berperang bersama melawan Jerman. Tetapi, harapan Inggris pupus. Presiden AS kala itu Franklin D Roosevelt memilih menahan diri.

"Kami tidak terpikir untuk mengirim pasukan kami ke tanah Eropa," ucap Roosevelt seperti dikutip dari History, Kamis (3/9/2015).

Meski gagal mendapat tambahan tenaga dari AS, Inggris tak patah arang. Mereka terus menjalankan propaganda anti-Nazi.

Pada 4 September tahun yang sama, Inggris membalas serangan Jerman. Kapal Jerman di bom oleh Inggris.

Dua pekan kemudian, Jerman semakin terdesak. Hal ini karena Prancis mulai angkat senjata.

Walau terus diserang, saat itu Jerman tak mau kalah. Segala upaya mereka lakukan demi melemahkan serangan 2 negara besar di Eropa tersebut.

Selain peristiwa tersebut, pada tahun 301 Republik tertua di dunia San Marino resmi berdiri. San Marino didirikan Santo Martinus dan saat ini merupakan salah satu negara terkecil di dunia.

Tidak hanya itu, masih di tanggal yang sama tahun 2014, hujan dan banjir besar terjadi di Pakistan dan India. Akibat bencana alam ini lebih dari 200 orang meregang nyawa. (Ali/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.