Sukses

Perakit Senpi Ilegal Diarahkan Jadi Perajin Senapan Angin

Polda Lampung mencegah maraknya senpi ilegal dengan memberdayakan para perakitnya.

Liputan6.com, Bandar Lampung - Kepolisian Daerah Lampung terus berupaya menekan maraknya peredaran senjata api ilegal di wilayahnya. Salah satunya dengan memberdayakan para perajin senjata api.

"Kepandaiannya harus dialihkan untuk membuat senapan angin yang punya nilai ekonomi," kata Kepala Biro Operasional Polda Lampung Kombes Pol Sahimin Zainudin di Mapolda Lampung, Rabu (2/9/2015).

Untuk itu, kata dia, pihaknya telah meminta kepada Pemerintah Provinsi Lampung untuk membantu memberdayakan para perajin senjata api ini. Salah satu pemerintah daerah yang setuju atas usulan dari polisi adalah Pemkab Mesuji.

"Bupati Mesuji sudah menyepakati agar membina mereka yang hobi membuat senpi," ucap dia.

Berdasarkan hasil penelusuran polisi, tutur Sahimin, terdapat sejumlah daerah yang memproduksi senjata ilegal. Di antaranya di Lampung Tengah dan Way Kanan. Namun kini, ia mengklaim wilayah itu telah dikendalikan.

Jika ditemukan senpi ilegal di Lampung, ia memastikan senjata api tersebut bukan dari wilayahnya. "Kita sudah kerja sama dengan polda tetangga dan Mabes Polri untuk menekan senjata api rakitan," pungkas Sahimin. (Hmb/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.