Sukses

Komjen Budi Waseso Dicopot dari Kabareskrim?

Buwas kabarnya akan ditempatkan sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Liputan6.com, Jakarta - Komjen Pol Budi Waseso dikabarkan akan dicopot dari jabatan Kepala Bareskrim Polri. Nantinya posisi tersebut akan diisi oleh Komjen Saut Usman Nasution.

"Buwas dicopot, diganti Saut Usman Nasution," ucap sumber Liputan6.com, di Jakarta, Rabu (2/9/2015).

Buwas sendiri nantinya ditempatkan sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Sumber tersebut tidak bisa merinci alasan pencopotan Budi Waseso. Hanya, sumber itu menyebut pencopotan terkait penanganan perkara yang kerap menimbulkan polemik.

Terakhir, Buwas memerintahkan penyidiknya untuk menggeledah kantor Dirut Pelindo II RJ Lino terkait kasus mobil crane. "Sepertinya karena itu ya (penggeledahan kantor RJ Lino)," ucap sumber.

Sementara itu, Mabes Polri membantah kabar tersebut. Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Suharsono, menyebut isu pencopotan Budi Waseso dari jabatan Kabareskrim tidak benar.

"Tidak ada berita itu yang saya dapatkan, saya sudah konfirmasi," kata Suharsono di Mapolda Lampung, Rabu (2/9/2015).

Menurut dia, Buwas masih bekerja di Bareskrim Polri. Bahkan, sambungnya, jenderal bintang tiga itu tengah melakukan gelar perkara kasus tertentu.

"Sedang dilaksanakan gelar perkara di Bareskrim. Di Mabes Polri belum mendengar berita itu. Sekarang ini masih bekerja Kabareskrim. Itu enggak betul. Kita lihat perkembangannya," ucap Suharsono. (Yus/Bob)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.