Sukses

Tinggalkan Istana, Buruh Padati Silang Monas

Ribuan buruh perlahan memadati persimpangan Patung Kuda, Silang Monas, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Setelah menyampaikan tuntutannya di depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, aksi massa dari berbagai serikat buruh perlahan membubarkan diri. Ribuan buruh perlahan memadati bundaran Patung Kuda, Silang Monas, Jakarta Pusat.

Meski demikian, kepolisian tidak memberlakukan penutupan lalulintas. Namun penjagaan ketat tetap dilakukan oleh kepolisian baik dari Satuan Sabhara dan Satuan Brimob.

Satuan Sabhara dilengkapi dengan senjata gas air mata nampak terus mengawal bubarnya massa aksi buruh. Penjagaan Satuan Brimob dilakukan di sisi jalan yang menjadi rute yang dilintasi buruh untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Penjagaan ketat sempat terjadi di depan kantor Kementrian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan saat aksi massa buruh sempat berhenti sejenak dan berorasi di depan gedung tersebut sebelum melanjutkan perjalanannya.

Saat ini orasi singkat masih dilakukan di area persimpangan Patung Kuda. Kepadatan lalulintas mulai nampak terlihat mengingat bubarnya aksi massa buruh bertepatan dengan jam pulang kerja kantor.

Kepadatan terpantau di sekitaran Patung Kuda dikarenakan area ini menjadi titik kumpul dan titik bubarnya aksi massa buruh. Para buruh memanfaatkan area parkir IRTI Monas untuk memarkirkan kendaraannya.

Untuk pengendara yang akan melalui persimpangan Patung Kuda sebaiknya mencari jalan alternatif lain demi menghindarkan kepadatan kendaraan karena masih menumpuknya serikat buruh di area Patung Kuda. Jalan Medan Merdeka Utara yang semula ditutup, kini sudah dapat digunakan bagi pengendara dari arah Jalan Medan Merdeka Timur.‎ (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.