Sukses

Demo Buruh, Cek Pantauan Lalu Lintas Sore Ini

Jalan Medan Merdeka Barat yang sempat ditutup beberapa jam, sudah kembali dibuka. Jalan ini malah relatif sepi.

Liputan6.com, Jakarta - Rencananya, lebih dari 50 ribu buruh akan mengepung Istana Merdeka pada demonstrasi hari ini. Namun, belum ada peningkatan berarti pada jumlah buruh yang tiba di jantung Ibukota Jakarta.

Alhasil, arus lalu lintas di sejumlah titik pusat Jakarta relatif lancar. Sebut saja di Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Arus lalu lintas di kedua jalur relatif lancar. Begitu juga di Jalan MH Thamrin. Oleh karena itu, polisi tidak memberlakukan rekayasa arus lalu lintas.
Rekayasa arus lalu lintas saat aksi buruh di Istana Negara dan Bundaran HI
Berdasarkan pemantauan Liputan6.com, penutupan jalan hanya dilakukan di Jalan Medan Merdeka Utara yang memang menjadi sasaran demo buruh.

Jalur yang semula menjadi perlintasan buruh menuju Istana Merdeka seperti Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga Patung Kuda, tidak ditutup jalan sejak pagi.

Jalan Medan Merdeka Barat yang sempat ditutup beberapa jam, sudah kembali dibuka. Jalan ini malah relatif sepi.


Jalan Medan Merdeka Barat yang sempat ditutup beberapa jam, lengang, Selasa (1/9/2015). (Liputan6.com/Richo Pramono)

Meski demikian, pengendara diharapkan tetap berhati-hati saat melintas di Jalan Medan Merdeka Barat menuju Harmoni. Pasalnya, penumpukan massa aksi buruh masih terjadi di persimpangan antara Jalan Majapahit dengan Jalan Medan Merdeka Utara.

Sementara, Jalan Medan Merdeka Selatan dibuka seperti biasa baik dari arah barat maupun timur.

Namun, pengguna transportasi umum Transjakarta, tidak dapat naik maupun berhenti di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat. Hal tersebut dikarenakan terjadi pengalihan arus Transjakarta dari arah Jalan MH Thamrin. Jalur Transjakarta dibelokkan menuju Tanah Abang melalui Jalan Budi Kemuliaan.

Bagi pengendara yang datang dari arah Tugu Tani melalui Jalan Medan Merdeka Timur (depan Stasiun Gambir), dapat menggunakan Jalan Perwira dan diteruskan ke Jalan Veteran selama Jalan Medan Merdeka Utara ditutup. ‎(Bob)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.