Sukses

11.603 Polisi Disiagakan pada Demo Buruh Hari Ini

Konsentrasi pengamanan, kata dia, mulai dari Patung Kuda Thamrin hingga Istana Merdeka.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian memutuskan untuk memperkuat pengamanan pada demonstrasi buruh di sejumlah titik di Ibukota. Ada lebih dari 11.000 aparat yang disiagakan untuk mengawal aksi buruh hari ini.

Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya, Kombes Martuani Sormin, mengatakan sebelumnya polisi yang dikerahkan berjumlah 8.452 personel.

Penambahan pasukan tersebut mengingat jumlah buruh yang diperkirakan mencapai 40.000 orang dari Jabodetabek, Karawang dan Purwakarta. Mereka akan berdemo di Patung Kuda, Istana Merdeka, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Tenaga Kerja.

"Jadi untuk personel siaga sampai siang 11.603 anggota. Terdiri dari Polda Metro Jaya, Mabes Polri, Satpol PP DKI dan Kodam Jaya," kata Martuani ketika dihubungi, Selasa (1/9/2015).

Konsentrasi pengamanan, kata dia, mulai dari Patung Kuda Thamrin hingga Istana Merdeka. "Dari Patung Kuda ke Istana kan hanya sekitar 500 meter, pengamanan di sepanjang jalan itu," sambung Martuani.

Rencananya, ribuan buruh dari berbagai wilayah berdemonstrasi di Jakarta. Massa melakukan aksinya dengan long march mulai dari Patung Kuda di dekat Monas hingga Istana Merdeka.

Sementara hingga saat ini arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Utara masih berjalan lancar. Namun Jalan Medan Merdeka Barat‎ ditutup untuk kendaraan umum kecuali Bus Transjakarta. Penutupan dilakukan karena akan dilintasi massa buruh yang melakukan long march dari Patung Kuda ke Istana Merdeka. (Bob/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini