Sukses

Ini Titik-Titik Demo Buruh yang Diamankan Polisi

Massa buruh melakukan aksinya dengan long march mulai dari Patung Kuda di dekat Monas hingga Istana Merdeka.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan buruh dari berbagai wilayah berdemonstrasi di Jakarta. Massa buruh melakukan aksinya dengan long march mulai dari Patung Kuda di dekat Monas hingga Istana Merdeka.

Sebanyak 11‎ ribu personel gabungan dari kepolisian, TNI, dan Satpol PP diterjunkan untuk mengamankan aksi ini. Pengamanan pun dilakukan di sejumlah titik vital di Ibukota.

"Pengamanan juga kami lakukan di beberapa lokasi vita‎l. Seperti di Istana Presiden, Wapres, Monas, Kementerian, RRI (Radio Republik Indonesia), Patung Kuda, Bundaran HI, dan Gedung DPR," ujar Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Pol Hendro Pandowo di depan Istana Merdeka.

Hendro menegaskan, pihaknya tidak melakukan penutupan jalan di sekitar lokasi secara permanen. Pengalihan arus lalu lintas baru akan dilakukan jika massa buruh meluber ke ruas jalan.
Rekayasa arus lalu lintas saat aksi buruh di Istana Negara dan Bundaran HI
"Belum ada pengalihan arus lalu lintas. Kami harapkan massa berkumpul di sisi jalan dan di area depan gerbang Monas. Tapi kalau nanti massa membludak dan meluber ke jalan, lalu lintas kita alihkan. Lihat situasi dan kondisinya saja nanti," tutur Hendro.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, ribuan massa buruh saat ini masih berkumpul di Patung Kuda atau di Bundaran Indosat Tower. Termasuk ratusan buruh yang sebelumnya sempat berorasi di depan Istana Merdeka.

Sementara hingga saat ini arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Utara masih berjalan lancar. Namun Jalan Medan Merdeka Barat‎ ditutup untuk kendaraan umum kecuali Bus Transjakarta. Penutupan dilakukan karena akan dilintasi massa buruh yang melakukan long march dari Patung Kuda ke Istana Merdeka. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.