Sukses

Demo Buruh, Istana Merdeka Dijaga 6 Kompi Brimob

Mobil APC Wolf, barracuda, hingga water cannon telah bersiaga di depan Istana.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan ribu buruh dari berbagai wilayah menggelar demo besar-besaran di Jakarta hari ini. Demo rencananya dilakukan dengan long march dari Patung Kuda hingga depan Istana Merdeka.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Selasa (1/9/2015), ratusan buruh dari Serikat Pekerja Nasional (SPN) sudah berada di depan Istana. Sementara ribuan buruh lainnya masih berkumpul di Patung Kuda, Monas.

Pengamanan di sekitar Istana sudah berlangsung cukup ketat. Ratusan personel gabungan dari kepolisian dan Satpol PP berjaga di sekitar Monas dan Jalan Merdeka Utara.

Sementara itu, di depan Istana dijaga 6 kompi personel Brimob. ‎1 Kompi sekitar 100 orang. Mereka berjaga di belakang pagar berduri yang dipasang di tengah-tengah Jalan Merdeka Barat. Selain itu, sejumlah kendaraan taktis mulai dari mobil APC Wolf, barracuda, hingga water cannon telah bersiaga di depan Istana.

"Ada 6 kompi untuk jaga Istana. Dari kami 3 kompi, dari Resimen III Pelopor Kelapa Dua ada 3 kompi," ujar Komandan Resimen II Pelopor Kedung Halang Bogor Kompol Saiful Anwar di lokasi.

Personel Brimob ini bertugas sebagai pasukan anti hura-hura untuk mem-backup pengamanan pasukan dari Polda Metro Jaya. Jika demo buruh sudah mengarah ke anarkis, pasukan tersebut akan terjun untuk mengamankan.

"Yang jelas kita mempertahankan, massa nggak boleh melintas dari security barrier atau pagar berduri. Kalau penindakan yang paling parah adalah gas air mata. Tidak ada peluru tajam, sesuai arahan tidak ada yang membawa senjata tajam dan senjata api," jelas Saiful. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.